Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Jul 2019 08:20 WIB

Saldo Nasabah Eror, Bank Harus Rajin Cek IT

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Akhir pekan lalu terjadi anomali terhadap saldo rekening nasabah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Supaya hal ini tidak terulang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perbankan nasional rajin mengecek fungsi information and technology (IT) alias informasi dan teknologi (TI).

"Permasalahan yang telah terjadi ini penting untuk menjadi perhatian industri perbankan. OJK meminta semua bank untuk terus melakukan review fungsi IT yang dimiliki secara berkala dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen resiko operasional yang prudent dan berjalan dengan baik," tulis siaran pers OJK yang dikutip detikFinance, Senin (22/7/2019).

Menurut OJK hal tersebut merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan ke depannya dan mencegah agar permasalahan ini tidak terulang lagi ke depannya.


"OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standar operasional yang baik, jika gangguan sistem terjadi, dengan memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya," katanya.

Khusus untuk Bank Mandiri, OJK sudah meminta bank pelat merah itu segera melaporkan permasalahan yang terjadi dan langkah-langkah yang akan mereka lakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.

"Saat ini yang terpenting adalah pelayanan sudah kembali normal dan mereka juga telah menjamin keamanan dana nasabah, sehingga tidak ada nasabah yang terkurangi hak-nya," tambahnya.





Tonton video Kronologi Eror Sistem di Bank Mandiri dan Berubahnya Saldo Nasabah:

[Gambas:Video 20detik]

(kil/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com