Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Jul 2019 11:08 WIB

Di Depan JK, Gubernur BI Pamer Turunkan Suku Bunga Acuan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan, BI sudah mulai menurunkan suku bunga acuan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2019, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (25/7/2019). Acara ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Perry mengatakan, dengan inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil maka terbuka ruang kebijakan moneter yang mendukung momentum pertumbuhan ekonomi.

"Dapat kami laporkan Bapak Wakil Presiden kami juga sudah mulai menurunkan suku bunga BI untuk mendukung momentum pertumbuhan ekonomi. Dengan kami melihat ke depan rendahnya inflasi dan perlunya mendukung momentum pertumbuhan ekonomi, masih terbuka ruang kebijakan moneter yang akomodatif," paparnya.

Pada kesempatan itu, Perry menjelaskan, BI berkomitmen tidak hanya mengendalikan inflasi dan nilai tukar. Namun, BI juga mendukung pertumbuhan ekonomi.


"BI akan terus berkomitmen mengarahkan seluruh kebijakan kami tidak hanya pengendalian inflasi, tidak hanya nilai tukar, tapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi," jelasnya

Kebijakan yang diterapkan untuk mendukung momentum pertumbuhan ekonomi pun beragam, dari kebijakan moneter hingga pendalaman pasar keuangan.

"Seluruh kebijakan kami, kebijakan moneter, makroprudensial, pendalaman pasar keuangan, sistem pembayaran, kami arahkan untuk mendukung momentum pertumbuhan ekonomi dengan semakin terjaganya inflasi dan nilai tukar," ujarnya.

Sebagai informasi, BI baru saja menurunkan suku bunga acuan dari level 6% menjadi 5,75%. BI telah menahan suku bunga selama 8 bulan.



Simak Video "BI Terima Penukaran Uang Rusak Gegara Banjir, Ini Kriterianya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com