JK Kumpul Bareng Gubernur BI Hingga Kepala Daerah Bahas Inflasi

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 25 Jul 2019 11:16 WIB
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) pagi ini membuka sekaligus mengesahkan rapat koordinasi nasional (rakornas) pengendalian inflasi tahun 2019 di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat. Rakornas pengendalian inflasi ini juga dihadiri oleh para kepala daerah yang ada di seluruh Indonesia.

Setelah meresmikan, JK juga akan memberikan arahan kepada seluruh peserta rakornas yang terdiri dari pejabat pemerintah pusat dan daerah. JK bilang inflasi menjadi salah satu indikator suatu negara maju atau tidak.

"Dalam mengukur kemajuan suatu bangsa ada beberapa indikator penting, salah satunya inflasi," kata JK di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Rakornas pengendalian inflasi tahun 2019 ini mengusung tema sinergi dan inovasi pengendalian inflasi untuk penguatan ekonomi yang inklusif.



Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Kepala DK OJK Wimboh Santoso, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

JK bilang, beberapa indikator selanjutnya juga bisa dilihat dari tingkat kemiskinan dan pengangguran. Kedua indikator ini, lanjut JK, masih saling berkaitan.

Jika inflasi terkendali maka tingkat kemiskinan bisa menurun. Karena, harga bahan makanan yang masuk dalam indeks harga konsumen (IHK) dapat terkendali.

"Kalau inflasi tinggi daya beli turun, dan pengangguran akan menimbulkan kemiskinan. Itu hal kenapa rakornas ini khusus membicarakan bagaimana menjaga stabilitas inflasi," ungkap JK.



Simak Video "JK Sarankan Pilkada Ditunda Sampai Vaksin Covid-19 Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)