Bantu Kembangkan Usaha, RKB BNI Fest Diapresiasi UMKM

Mustiana Lestari - detikFinance
Sabtu, 27 Jul 2019 18:45 WIB
Foto: BNI
Jakarta - Sofyan (30) dan Hera Hermaini (60) sama-sama mendapatkan kesempatan diajak berjualan di kawasan Halal Park, dekat Pintu Sebelas Gelora Bung Karno, Jakarta sejak 27 Juli 2019. Keduanya pun satu kata, yaitu sama-sama merasa terbantu oleh adanya Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI.

"Menjadi mitra RKB BNI sangat menguntungkan, selain mendapatkan pelatihan atau workshop yang sangat bagus untuk mengembangkan usaha, pengusaha UMKM seperti saya juga berkesempatan untuk memasarkan produknya di acara BNI, termasuk RKB BNI Fest di Halal Park ini," ujar Sofyan dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/7/2019).



"Banyak informasi usaha yang bisa didapat dari RKB, baik informasi wirausaha, pelatihan, hingga pembiayaan yang sangat bermanfaat untuk kemajuan usaha. Semoga RKB BNI dapat menggandeng UKM baru agar dapat termotivasi memajukan produk-produk lokal," tambah Hera Hermaini.

Sofyan dan Hera adalah 2 dari 10 pengusaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan BNI yang diajak ke Halal Park untuk berjualan dan meramaikan RKB BNI Fest. Ini adalah momentum langka dan bisa jadi diidam-idamkan oleh banyak pengusaha UMKM lain.


Salah satu RKB binaan BNI adalah RKB Bekasi. Ada sekitar 2.000 UMKM yang terdaftar di sana. Demikian menurut Usman, pengelola RKB BNI. Dari 2.000 pengusaha itu, ada 200 pengusaha yang aktif di grup medsos khusus RKB Bekasi. Pengusaha pemula manapun diundang ke RKB Bekasi untuk menjadi anggota dan mendapatkan pelatihan. Namun, jika ingin diajak pameran seperti ke RKB BNI Fest ini, maka ada syarat tambahan lain.

"Tingkatkan kualitas produknya, perkuat kemasannya, dan pantaskan diri bahwa kita layak untuk ikut pameran. Beberapa syaratnya adalah ketersediaan produknya, dan menarik produknya," ujar Usman.

Ke-8 UMKM lainnya adalah Pempek Bulet yang menyajikan hidangan pempek berbentuk bulat, Pudingku yang menyajikan silky puding, Sosis Bakar Lulu yang menyajikan hidangan sosis, Soto Mie Bakso, Sicipi Food yang menyajikan hidangan kebab, Arafi Food yang menyajikan hidangan dimsum, Pentol Pedas SS, Ramen n Sushi Emperan. Mereka diajak, karena dianggap layak.

Dalam rangka mendukung program pengembangan Rumah Kreatif BUMN (RKB) secara online dan offline, serta mensosialisasikan Halal Park, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengadakan RKB BNI Fest mulai dari tanggal 27-28 Juli 2019 di Halal Park GBK di Pintu Satu Senayan, Area Gelora Bung Karno, Jakarta. RKB BNI Fest dapat menjadi salah satu pilihan tempat rekreasi yang seru bersama keluarga dan juga teman untuk saling bertukar cerita di weekend ini. Apalagi dengan adanya UMKM BNI yang menjajakan produk kuliner unggulannya.

Sofyan mendirikan usahanya Jalanin Doeloe Kopi selama 2 tahun. Dia percaya diri karena memiliki yang istimewa, yaitu unsur pembeda dibandingkan kopi-kopi lain. Hal yang membedakan kopi buatannya adalah sirup yang digunakan buatan sendiri, yaitu Despacito yang memiliki rasa unik antara kopi dengan sensasi rasa pisang dan coklat.

Sofyan kini memiliki jumlah 2 outlet Jalanin Doeloe Kopi yang tersebar di Warung Tenda Hijau di depan Kantor Pusat BNI dan Kantor Wilayah BNI Wilayah Jakarta BSD.

"Kecintaan saya terhadap dunia wirausaha membuat saya meninggalkan pekerjaan sebelumnya sebagai seorang karyawan swasta, dan memulai untuk membuka usaha kedai kopi yang saya beri nama Jalanin Doeloe Kopi," ujarnya.

Adapun Hera Hermaini, mendirikan usaha Sari Lemon Soogeh sejak 1 tahun lalu. Dari sendirian, dia kini memiliki 10 karyawan. Minuman sari lemon ini diyakininya sangat menyehatkan karena selain untuk mengurangi kolesterol juga bagus untuk diet.

Selain diramaikan oleh Mitra RKB BNI, RKB BNI Fest di Halal Park semakin meriah dengan berbagai kegiatan menarik seperti cooking class halal food dengan Chef Norman bersama Tora Sudiro dan petarung Mixed Martial Art (MMA) Suwardi, Digital Opening Account (DOA) Komunitas Harley Owners Group (HOG) dan penyerahan kartu kredit HOG, Komunitas Emak Blogger dan akan ada sharing session Program Aku Saudagar Muda oleh owner "Mommisu" yang akan dilangsungkan pada hari Minggu, 28 Juli 2019.



Simak Video "Pegawai Suspek Corona, 7 Kantor Bank BUMN di Yogyakarta Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)