Jokowi Diminta Segera Tetapkan Pengganti Destry Damayanti di LPS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 31 Jul 2019 16:39 WIB
Destry Damayanti/Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti telah terpilih menjadi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI). Artinya posisi Destry kosong dan harus segera dicari penggantinya.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah menjelaskan saat ini pihaknya sudah mengusulkan pengganti Destry dari internal LPS dan luar LPS.

"Tentu yang akan mengajukan adalah bu Menteri Keuangan dan diputuskan oleh pak Presiden. Kita harapkan secepatnya jangan lama-lama," ujar Halim di kantor LPS, Jakarta, Rabu (31/7/2019).


Dia mengungkapkan hal ini karena pekan Depan Destry sudah dilantik dan sah menjadi DGS BI.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat paripurna telah menetapkan Destry sebagai DGS BI menggantikan Mirza Adityaswara yang masa jabatannya habis hari ini.


Dalam laporan Komisi XI DPR RI di rapat paripurna, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Hafizs Tohir mengungkapkan terpilihnya Destry sebagai DGS BI diharapkan dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi potensi gejolak ekonomi global.

"Stabilitas ekonomi harus dijaga dengan kebijakan moneter yang dititik beratkan dengan menjaga nilai tukar rupiah terhadap dolar AS," kata Tohir dalam rapat paripurna di DPR pekan lalu.

Dia mengungkapkan, Destry juga diharapkan bisa meningkatkan koordinasi bank sentral dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), DPR terkait kebijakan BI di bidang moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran dengan tetap menjaga independensi BI.

Simak Video "Sah! Destry Damayanti Jabat Deputi Gubernur Senior BI"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)