Destry Damayanti Dilantik Jadi DGS BI 7 Agustus

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 31 Jul 2019 17:00 WIB
Destry Damayanti/Foto: Sylke Febrina Laucereno - detikfinance
Jakarta - Destry Damayanti telah melalui serangkaian uji kelayakan dan kepatutan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menjadi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI).

Pelantikan Destry di Mahkamah Agung (MA) digelar pekan depan. Pasalnya nama Destry telah diketok dalam sidang paripurna DPR RI pekan lalu.

"Iya (pelantikan) tanggal 7 Agustus," kata Destry saat dihubungi detikFinance, Rabu (31/7/2019).


Saat ini Destry masih mengerjakan tugas sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga masa jabatannya berakhir sebelum pelantikan.

Dalam pemilihan Destry, Komisi XI DPR telah menggelar serangkaian kegiatan yakni uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pada 1 Juli 2019. Kemudian Rapat dengar pendapat (RDP) dengan Badan Intelijen Nasional (BIN) pada 8 Juli 2019, lalu RDPU dengan Perbanas dan Himbara pada 9 Juli 2019 dan RDP dengan kepala PPATK pada 10 Juli 2019.

Destry Damayanti merupakan lulusan Ilmu Ekonomi, Konsentrasi Uang dan Bank di Universitas Indonesia pada 1989. Kemudian dia melanjutkan jenjang pendidikan Master of Science, Field of Regional Science Cornell University, New York, USA dan selesai pada 1992.


Tugas Destry di LPS adalah merumuskan dan menetapkan kebijakan dan melakukan pengawasan dalam rangka pelaksanaan tugas dan wewenang sebagaimana diatur dalam UU LPS.

Sebelum di LPS pada Mei 2011-September 2015 Destry menjabat sebagai Kepala Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk ia bertugas memberikan masukan kepada direksi dan komisaris terkait kondisi ekonomi, perbankan, industri regional dan pasar keuangan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Tak hanya di keuangan dan perbankan,wanita kelahiran Jakarta tahun 1963 ini juga pernah menjadi Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2015.

Simak Video "Sah! Destry Damayanti Jabat Deputi Gubernur Senior BI"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)