Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 31 Jul 2019 18:05 WIB

Sri Mulyani Bakal Ketemu Puan Bahas Iuran BPJS Kesehatan

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan bertemu dengan Menko PMK Puan Maharani membahas wacana kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Pembahasan juga akan melibatkan kementerian terkait lainnya.

"Besok tanggal 2 (Agustus), hari Jumat akan bincang-bincang dengan Menko PMK, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, Menkes untuk melihat bahwa JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) itu seperti apa yang seharusnya," kata Wakil Menkeu Mardiasmo di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2019).

Mardiasmo menuturkan akan mendorong kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan pemerintah daerah. Hal tersebut dinilai akan membantu penggunaan dana iuran agar lebih optimal.

"Dana kapitasi kan masih banyak, dan kata pak Wapres kan bagaimana DJSN itu tidak hanya pusat tapi juga Pemda," sebutnya.


Sementara itu, Menteri Kesehatan Nila Moeloek menuturkan bahwa pihaknya akan mengikuti rekomendasi dari Kementerian Keuangan. Rekomendasi di antaranya dana kapitasi dan pengujian rumah sakit.

"Artinya sama ini tadi kita harus melakukan apa yang diminta Menkeu. Baik dari BPJS maupun dari kami, kami bisa selesaikan, misalnya dana kapitasi, review kelas rumah sakit, dan sebagainya ada tujuh pembauran," terangnya.

Sebelumnya, defisit BPJS Kesehatan disebut-sebut mencapai Rp 28 triliun hingga akhir tahun 2019. Untuk menyelamatkan BPJS Kesehatan dari defisit, Sri Mulyani akan mempertimbangkan kenaikan iuran peserta BPJS Kesehatan.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf mengapresiasi tindakan pemerintah dan mengharapkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan segera dilakukan.

"Kita berharap bisa dilakukan sesegera mungkin sebetulnya. Tetapi kita menghargai proses yang dilakukan, kajian antar kementerian lembaga terkait supaya benar-benar iuran yang ditetapkan sesuai dengan kondisi finansial masyarakat juga. Termasuk kondisi finansial negara kita," ujarnya saat ditemui di kantor pusat BPJS Kesehatan, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2019).

Simak Video "Dapat Pin Kehormatan Lemhannas, Puan: Jasmerah!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdu/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com