ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Agu 2019 14:45 WIB

Bank Mandiri Mau Lepas Saham AXA General Insurance

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dikhy Sasra Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk berencana untuk melepas kepemilikan saham pada PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Hal ini dilakukan karena perseroan ingin melakukan konsolidasi pada bisnis asuransi.

Direktur Bisnis & Jaringan Hery Gunardi menjelaskan pelepasan 60% saham tersebut akan dilakukan dalam dua tahap. "Tahap pertama pelepasan 40% sudah selesai akhir 2018. Sahamnya itu dibeli oleh AXA, kemudian sisa kepemilikan 20% akan dilepas paling lama 5 tahun sejak 2018 dan AXA akan mencari investor untuk membeli sisa kepemilikan 20% itu," kata Hery usai public expose live di Gedung BEI, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Di tempat yang sama, SVP Strategy & Performance Elmamber P. Sinaga menjelaskan Return On Equity MAGI yang rendah juga menjadi alasan Bank Mandiri melepas saham tersebut.

"Secara Return on Equity memang jauh dari ROE Bank Mandiri. Returun equity kita Mandiri diatas 12%. di MAGI masih sekitar 2%. Dengan pertimbangan itu kita mau mengoptimalkan yang terbaik untuk shareholder kita," jelas Elmamber.


Dia menyampaikan, pada paparan kinerja Bank Mandiri semester I ini, perseroan sudah tak lagi mengkonsolidasikan kinerja MAGI ke kinerja usaha. Namun, kinerja MAGI saat ini masih mendapatkan keuntungan hingga paruh tahun ini.

Sekadar informasi kinerja Bank Mandiri paruh pertama tahun 2019 semakin solid dengan pertumbuhan yang lebih sustain. Laba konsolidasi tumbuh 11,1% mencapai Rp13,5 triliun.



Simak Video "Saldo Nasabah Mendadak Berubah, Bank Mandiri: Ada Eror di Sistem"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com