Cerita Pengalaman Tukar Duit Dimakan Rayap ke BI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 21 Agu 2019 07:14 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Putri Buddin, warga Jakarta Selatan, harus rela menerima kenyataan uang yang ia taruh di lemari dimakan rayap. Dari uang sekitar Rp 10 juta, hanya Rp 5,4 juta yang bisa diselamatkan.

Uang sebanyak Rp 5,4 juta itu pun Putri tukar ke Bank Indonesia (BI) dengan harapan kembali layak digunakan. Namun, tak semua uang bisa ditukar, Putri hanya bisa menukar Rp 1.050.000 karena sebagian uang yang lain rusak.

"Yang aku bawa ke BI Rp 5,4 juta, ternyata dari Rp 5,4 juta yang bisa diganti sejumlah Rp 1.050.000," katanya kepada detikFinance, Selasa (20/8/2019).


Putri menyadari, uang yang ia bawa ke BI tak kembali seperti jumlah uang yang dibawa. Sebelum menukar uang, ia telah mencari informasi kriteria uang rusak yang bisa ditukar di BI.

Terangnya, uang yang bisa ditukar ialah kondisi fisiknya mesti utuh 67%.

"Jadi kan aku sebelumnya baca juga di website, kan kriterianya ada banyak, ternyata BI punya alatnya, ada keterangan selama keutuhan fisik sekitar 67% itu bisa diganti. Kalau di bawah 67% nggak bisa diganti," jelasnya.

"Walaupun nomor seri hilang, sudah tidak ada, kalau di atas 67% masih bisa diganti BI," tambahnya.


Putri menuturkan, tak butuh proses lama saat menukar uang di BI. Dia bilang, hanya sekitar 5 menit penukaran uangnya diproses.

"Lumayan cepat sih, pas masuk di gate, satpam tanya keperluan apa, tukar duit atau apa, tukar duit pun ada yang untuk rupiah atau dolar dan uang rusak. Nanti diarahin masuk BI, kalau bank pencet nomor buat teller. Cuma ini isi, nama alamat rumah, terus jumlah kerusakan uangnya, terus ambil nomor, habis itu cuma nunggu sekitar 5 menit dipanggil," paparnya.

Simak Video "Gegara Corona, Matahari Tutup 7 Toko Gerainya"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)