Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Agu 2019 14:14 WIB

Selain Kena Rayap, Ada Juga Cerita Duit Rusak Dimakan Tikus

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Uang Rusak Foto: Agung Pambudhy Uang Rusak Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Beberapa waktu lalu viral foto uang rusak akibat dimakan rayap. Namun, selain rayap ada juga cerita uang rusak karena dirusak oleh tikus.

Seperti pembaca detikFinance bernama Rondi Adriyanto (28). Dia menceritakan kejadian uang rusak tersebut terjadi pada 5 tahun yang lalu.

Saat itu, sang ibu menyimpan sejumlah uang di lemari. Namun setelah diambil uang-uang tersebut rusak, bagian pinggir dekat angka nominal seperti digigit.

"Saya juga bingung itu rusak kena rayap atau tikus, tahunya pas diambil di lemari sudah kemakan sebagian kecil di pinggiran dekat angka nominal. Ada Rp 400.000 waktu itu," kata Rondi saat dihubungi detikFinance, Kamis (22/8/2019).


Dia mengungkapkan, karena kerusakan tersebut dia langsung membawa ke kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Barat. Saat itu dia bisa menukarkan uang rusak dengan uang yang masih bagus.

Rondi menceritakan penggantian oleh BI sesuai dengan nominal yang dia tukarkan. Menurut Rondi, sebaiknya masyarakat jangan menyimpan uang di lemari karena memiliki risiko rusak yang tinggi. "Amannya memang uang disimpan di bank atau di ATM, jadi tak ada rayap dan tak ada tangan orang lain," imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan detikFinance, Putri Buddin warga Jakarta Selatan mengalami kejadian kurang beruntung uangnya dimakan rayap. Sebenarnya uang itu adalah uang yang diberikan ke neneknya 2 tahun lalu untuk simpanan.

Simak Video "Family Mart di Jepang Tutup Setelah Video Tikus Berkeliaran Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com