Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Agu 2019 16:27 WIB

Pakai Satelit Baru, Kapasitas Layanan BRI bakal Berlipat Ganda

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ingin menambah kapasitas bandwith jaringan lewat satelit baru. Namun, kali ini BRI tidak akan meluncurkan satelit sendiri, melainkan menggandeng perusahaan lain, yaitu PT Satkomindo Mediyasa.

"BRI memandang perlu ada strategic partnership dalam hal ini bersama Satkomindo. Diperkirakan 2023 kebutuhan kita meningkat," ujar Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo saat berbincang di kawasan Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Disebutkannya, kapasitas BRISAT yang sudah melayani 17.700 titik bisnis BRI hingga ke daerah pelosok sudah penuh.

Satelit yang baru ini, teknologinya sudah mencakup broadband dengan kapasitas yang jauh lebih besar dengan BRISAT.


"BRISAT kapasitasnya 4 Gigabytes per second, sementara sekarang satu satelit itu bisa sampai 150 gigabytes, katakan bisa 40 kali lipat. Untuk itu kita perlu cari opsi strategic partnership," tuturnya.

Dikatakan Indra, BRI dalam hal ini sebagai inisiator yang kemudian menggandeng Satkomindo sebagai partner strategis.

Foto: Zulfi Suhendra


Sementara itu CEO Satkomindo Mediyasa, Abing Rabani mengatakan satelit baru ini akan diluncurkan pada 2023.

"Kami tugasnya melakukan diversity dalam rangka meningkatkan availibility. Kita melakukan peluncuran satelit 2023," tuturnya.


Abing bilang Satkomindo membutuhkan waktu tiga tahun untuk mendesain, mengembangkan hingga meluncurkan satelit baru. Sedangkan dalam waktu dekat, pihaknya akan mengumpulkan investor-investor yang berminat untuk ikut serta dalam kerja sama penggunaan satelit berkapasitas 150 GB dengan spektrum Ku dan Ka band ini.

"Pertanyaannya, fundingnya bagaimana? Kami tidak semata-mata BRI. Kami buka equity placement, baik dari domestik maupun internasional. Kita optimistis tak hanya BRI saja, tapi juga ke tempat lain," ujarnya.

Dari 150 GB tersebut, BRI diperkirakan akan menggunakan kapasitas separuhnya, sementara separuh lagi akan dijual ke pihak lain.



Simak Video "Teras BRI Kapal, Penjaga Kedaulatan Rupiah di Perbatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com