BI Buka Suara soal Cerita Viral Uang Dimakan rayap

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 22 Agu 2019 16:35 WIB
Foto: Uang Dimakan Rayap (Istimewa/Putri Buddin
Jakarta - Beberapa waktu lalu viral di sosial media soal uang rusak akibat dimakan rayap. Hal ini terjadi oleh salah seorang warga Jakarta Selatan bernama Putri Buddin, uang yang ia berikan ke neneknya disimpan di dalam lemari dan kemudian rusak.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengungkapkan bank sentral sudah melihat berita tersebut.

"Ini memang viral ada penyimpanan uang oleh Putri, katanya dia kasih neneknya, lalu uangnya disimpan nenek diutek-utek dimasukin ke lemari dan lembab, sehingga dimakan rayap," kata Rosmaya dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (22/8/2019).


Menurut Rosmaya, dari keterangan tersebut Putri sudah menukar uang rusak tersebut ke Bank Indonesia. Namun sesuai ketentuan yang bisa diterima BI adalah uang yang rusak minimal 1/3 dari uang normal.

"Kami sudah pilah sesuai ketentuan, apabila rusak lebih dari 2/3 tidak diganti, tapi kalau masih ada 1/3 itu kami ganti. Dari sekitar Rp 5,4 juta sudah diganti sekitar Rp 1 juta, itu sudah sesuai ketentuan," ujarnya.

Sebelumnya Putri Buddin, warga Jakarta Selatan, harus rela menerima kenyataan uang yang ia taruh di lemari dimakan rayap. Dari uang sekitar Rp 10 juta, hanya Rp 5,4 juta yang bisa diselamatkan.

Uang sebanyak Rp 5,4 juta itu pun Putri tukar ke Bank Indonesia (BI) dengan harapan kembali layak digunakan. Namun, tak semua uang bisa ditukar, Putri hanya bisa menukar Rp 1.050.000 karena sebagian uang yang lain rusak.


"Yang aku bawa ke BI Rp 5,4 juta, ternyata dari Rp 5,4 juta yang bisa diganti sejumlah Rp 1.050.000," katanya kepada detikFinance.




Simak Video "Pria di Banyuwangi Beli NMAX Pakai Uang Koin"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)