Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Agu 2019 18:03 WIB

Masih Ada Nasabah Mandiri yang Belum Kembalikan Kelebihan Saldo

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sistem milik PT Bank Mandiri Tbk sempat error pada 20 Juli 2019 yang lalu. Banyak saldo nasabahnya yang berubah drastis, ada yang berkurang, ada juga yang bertambah.

Sejak saat itu Bank Mandiri melakukan perbaikan dengan mengembalikan saldo nasabahnya seperti semula. Namun hingga kini prosesnya masih belum selesai, meskipun tinggal sedikit lagi.

"99,99% sudah. Mungkin nasabah masih di luar negeri. Mungkin nasabah masih belum bisa dikontak. Begitu-begitu saja sih. Tidak ada yang urgent juga," kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Menurut Rohan dana nasabah yang belum diselesaikan kebanyakan merupakan nasabah yang berada di luar negeri. Sebab Bank Mandiri menyelesaikan masalah ini juga dengan pendekatan personal.


Manajemen Bank Mandiri tidak memotong secara langsung untuk nasabah yang dananya tiba-tiba bertambah. Perusahaan melakukan pemberitahuan secara personal ke nasabah, setelah diakui saldonya berubah, barulah kemudian dilakukan pemotongan.

"Sebetulnya bisa (dipotong langsung). Tinggal nanti membuktikan saldo Anda bukan segini. Itu tidak dilakukan, pendekatan saja kan mereka nasabah. Orang nggak akan lari-lari ke mana-mana nasabah kami," kata Rohan.

"Kalau nasabah yang ngeh mereka langsung bilang. Tinggal kami potong kan itu tampilan saja. Single entry, tidak ada lawan," tambahnya.

Rohan memperkirakan dana nasabah yang belum dikembalikan hanya sekitar puluhan juta rupiah saja. Terdiri dari puluhan nasabah juga.

"Tinggal puluhan juta rupiah. Puluhan nasabah, jadi nilainya kecil-kecil kok. Mungkin mereka belum tahu juga. Kalau punya Rp 6 miliar nambah Rp 1 juta kan nggak ngeliat," tutupnya.



Simak Video "Saldo Nasabah Mendadak Berubah, Bank Mandiri: Ada Eror di Sistem"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com