Transfer Uang Antar Bank Jadi Rp 3.500, Begini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 30 Agu 2019 17:41 WIB
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menurunkan biaya pengiriman uang antar bank yang menggunakan sistem kliring nasional BI (SKNBI). Pada 1 September 2019, biaya pengiriman uang antar bank menggunakan kliring ini dikenakan biaya Rp 3.500 dari sebelumnya Rp 5.000 per transaksi.

Langkah ini dilakukan BI agar pengiriman dana bisa menjadi lebih murah dan efisien. Sebenarnya bagaimana cara mengirimkan uang menggunakan kliring?

SKNBI yang dikembangkan oleh BI adalah infrastruktur yang digunakan untuk penyelenggaraan transfer dana, layanan kliring warkat debit, layanan pembayaran reguler, dan penagihan reguler.


Untuk mengirimkan dana atau transfer uang menggunakan skema kliring ini memang lebih murah, namun harus dicatat pengiriman menggunakan SKNBI itu memiliki jadwal tertentu. Pada 1 September 2019, pengiriman menggunakan kliring akan terjadi selama 9 kali atau setiap jam di hari kerja. Sebelumnya pengiriman kliring terjadi 2 jam sekali.

Ini artinya, jika pengiriman uang tidak terburu-buru bisa menggunakan layanan kliring sebagai alternatif transfer. Tapi, jika terburu-buru atau kebutuhannya mendesak lebih baik menggunakan layanan transfer online yang biasanya dikenakan biaya mulai dari Rp 6.500-7.500 setiap pengiriman.

Lalu di mana layanan kliring bisa ditemukan? Misalnya anda memiliki mobile banking sebuah bank. Saat akan mengirimkan uang ke bank lain maka muncul pilihan RTGS, online dan clearing (kliring).

Nah pilihan kliring itulah yang disentuh atau diklik. Memang, biasanya kebanyakan nasabah mengirimkan uang menggunakan online.

Transfer uang ke bank lain menggunakan kliring ini juga bisa dilakukan saat mengirim melalui layanan kantor bank.


Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran BI, Edi Susianto mengungkapkan penurunan biaya transfer antar bank menggunakan kliring dilakukan untuk meningkatkan transaksi.

"BI juga memberikan layanan yang lebih cepat dan mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk transaksi yang nominalnya lebih besar tapi biayanya murah," jelas dia.

Edi mengatakan, peraturan terkait penurunan biaya transfer tersebut sudah diberlakukan dan bank sentral sudah memeriksa ke seluruh peserta kliring yakni 112 entitas.

"Mereka semua siap implementasi, per September 2019 ini mulai Senin sudah berlaku bank sudah kami minta, BI sudah kampanye dan biaya jadi murah," ujarnya.

Simak Video "Chelsea Boros Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)