Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Sep 2019 10:53 WIB

Kenangan Asuransi Tertua RI Diselamatkan BJ Habibie saat Krismon

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie meninggal dunia pada Kamis (11/9). Habibie merupakan sosok yang sangat lekat dengan perekonomian Indonesia, termasuk keuangan dan asuransi.

Mantan Direktur Utama AJB Bumiputera 1912 (1998-2002) Suparwanto mengungkapkan sosok BJ Habibie merupakan Presiden yang sangat memperhatikan industri asuransi jiwa nasional.

Hal ini tercermin saat krisis moneter yang melanda Indonesia periode 97/98 Habibie memperhatikan dan membantu AJB Bumiputera untuk tetap eksis.

"Kita ketahui bersama bahwa Bapak B.J. Habibie adalah pemegang polis AJB Bumiputera 1912 yang banyak jumlahnya. Dia sosok yang sangat peduli terhadap asuransi jiwa di Indonesia," kata Suparwanto kepada detikcom, Kamis (12/9/2019).


Suparwanto menceritakan, saat ulang tahun ke 86 AJB Bumiputera, direksi berencana mengundang Presiden Habibie untuk hadir. Namun permohonan tersebut ditolak dan Habibie justru memberikan penawaran agar AJB Bumiputera bisa merayakan ulang tahun di istana.

"Lantas beliau berkata 'Mengundang saya sebagai Presiden RI besar biayanya, tetapi kalau HUT-nya di sini (istana) bisa gratis, coba bicaralah dengan Pak Basuni, Karungga Istana Merdeka'," kenang Suparwanto.

Setelah itu, AJB Bumiputera akhirnya merayakan ulang tahun ke 86 di istana. Suparwanto menceritakan, ini adalah hal yang membanggakan karena AJB Bumiputera 1912 merupakan satu-satunya perusahaan asuransi jiwa dan perusahaan yang pernah merayakan ulang tahun di istana.

Menurut dia, Habibie merupakan Presiden yang sangat memperhatikan satua-satunya perusahaan asuransi jiwa mutual di Indonesia.

"Selamat jalan bapak semoga Allah SWT menerima dan memberikan tempat terbaik bagi Bapak. Wanita yang paling Bapak cintai Ibu Ainun tetap setia disana, akan sarimbit berdampingan diperistirahatan terakhir di Kalibata. Untuk Saudara-saudaraku para Bumiputerawan, marilah kita berdo'a bersama sama untuk surga beliau. Amiin YRA," ujarnya.



Simak Video "Rusli Habibie Jenguk BJ Habibie: Diajak Ngobrol, Beliau Merespons"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com