Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Sep 2019 11:28 WIB

Bank Sentral AS Gelontorkan Lagi Rp 1.000 T Tenangkan Pasar

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Gubernur The Fed Jerome Powell/Foto: Dok. Reuters Gubernur The Fed Jerome Powell/Foto: Dok. Reuters
Jakarta - Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) kembali menyuntikkan dana ke pasar keuangan untuk meredam bunga pinjaman semalam. The Fed menggelontorkan US$ 75 miliar atau Rp 1.057 triliun (kurs Rp 14.000)

Langkah ini dilakukan setelah suku bunga pinjaman semalam naik menyentuh level 5% pada Senin malam waktu setempat. Tingkat bunga tersebut naik 2,29% dibandingkan akhir pekan lalu. Kemudian pada Selasa kembali naik menjadi 10%.

Seperti yang sudah direncanakan sebelumnya, The Fed pada hari Rabu waktu setempat kembali menggelontorkan dana sebesar US$ 75 miliar setelah menyuntikkan US$ 53 miliar Selasa kemarin.


Terhitung sudah dua hari berturut-turut, The Fed menjalankan operasi repo semalam. Operasi Repurchase Agreement (REPO) sendiri merupakan proses di mana bank sentral berupaya mengurangi tekanan di pasar dengan membeli obligasi dan surat berharga lainnya. Tindakan tersebut merupakan upaya The Fed untuk meredam tekanan.

Mengutip CNN, Kamis (19/9/2019), Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa operasi ini berjalan efektif dalam mengurangi tekanan pasar.


Namun, fakta bahwa The Fed menyuntikkan dana US$ 128 miliar dalam dua hari berturut-turut, menunjukkan bahwa muncul celah di Wall Street. Hal ini juga The Fed mulai kehilangan kendali atas suku bunga jangka pendek yang seharusnya dikendalikan olehnya.

Menanggapi hal tersebut, Powell mengakui adanya tekanan tinggi di pasar, tetapi dia menyatakan keyakinannya bahwa ini tidak akan berdampak pada ekonomi.

"Meskipun masalah ini penting untuk fungsi pasar dan pelaku pasar, mereka tidak memiliki implikasi bagi ekonomi atau sikap kebijakan moneter," Jelas Powell.

Simak Video "Peran Cold Storage di Karimun Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com