Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 22 Sep 2019 20:37 WIB

Bupati Harap KUR Bisa Dorong Ekonomi Warga Simeulue

Uji Sukma Medianti - detikFinance
Foto: Johanes Randy Foto: Johanes Randy
Simeulue - Sebagai upaya meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat, pemerintah menggalakkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui bank-bank BUMN.

Salah satunya yang sudah dilakukan di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Bupati Simeulue Erli Hasim mengatakan program KUR sudah mulai menyentuh masyarakat Simeulue.

Dengan begitu, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha yang menghasilkan lapangan kerja.

"Saya lihat (KUR) sudah masuk ke kantong-kantong masyarakat tinggal saja masyarakatnya mau memanfaatkan atau tidak," kata Erli ditemui detikcom beberapa waktu lalu.



Kata Erli, ke depannya ia ingin perbankan bisa lebih proaktif untuk bisa menyalurkan KUR kepada masyarakat setempat. Misalnya saja, memberikan sosialisasi terkait apa saja yang bisa digarap oleh masyarakat dengan memanfaatkan KUR dengan bunga yang minim.

"Saya juga mengajukan kepada seluruh perbankan yang ada di Simeulue untuk bisa menggarap lahan-lahan masyarakat ini dengan catatan bagaimana bisa hidup ekonomi yang paling kecil, dengan memberikan kredit dengan tidak terlalu besar (bunganya)," ungkap Erli.

"Saya berharap mereka (perbankan) bisa hadir juga untuk nelayan kecil," kata Erli.

Ditemui terpisah, Kepala Unit Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Sinabang, Kabupaten Simeulue Aceh Deny Syahputra menuturkan saat ini BRI Sinabang telah menyalurkan KUR sebesar Rp 12,2 miliar.

Jika dilihat dari komposisi penyaluran kredit secara keseluruhan, KUR di unit Sinabang memang paling kecil porsinya dibanding kredit pegawai atau perorangan.

"Paling banyak memang di sini kredit pegawai angkanya mencapai Rp 67 miliar, sedangkan kredit komersil nilainya Rp 27,4 miliar," terang Deny.



Kendati begitu, Deny mengatakan pihaknya tetap melakukan upaya untuk menambah jumlah peminjam KUR melalui para mantri BRI serta agen-agen BRILink di Kabupaten Simeulue.

"Insha Allah yang kami melayani kalau bisa hampir seluruh wilayah terpencil di 10 kecamatan semoga bisa dimaksimalkan lagi untuk kredit mikro," pungkasnya.

detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Ajarkan Budaya Menabung Sejak Dini, BRI Buka BRILink di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com