Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Sep 2019 15:48 WIB

BI Sebut Aksi Demo Bikin Rupiah Keok Lawan Dolar AS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Deny Prastyo Utomo Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini Rp 14.134, berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari sebelumnya tercatat Rp 14.099.

Mengutip Reuters dolar AS tercatat Rp 14.145 dengan angka tertinggi Rp 14.154 dan terendah Rp 14.115.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengungkapkan saat ini rupiah memang agak sedikit melemah di kisaran Rp 14.100an.

"Rupiah barusan saya cek agak sedikit melemah Rp 14.135 padahal kemarin rupiah anteng di bawah level Rp 14.100, dua minggu lalu Rp 13.900-an," kata Destry di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (25/9/2019).


Dia menjelaskan ini terjadi karena adanya gabungan sentimen dari domestik dan global. "Demo-demo kok masih berlangsung dan pengaruh ke pasar finansial kita, kita harap kalau pasar keuangan makin dalam maka gejolak bisa diminimalisir," jelas dia.

Saat ini kondisi ekonomi global masih dibayangi ketidakpastian. Misalnya dampak perang dagang hingga geopolitik saat ini mengubah kondisi market.

Selain itu pernyataan Presiden Trump yang masih menyuarakan perang dagang membuat adanya flight to quality dan menimbulkan ketidakpastian.

"Kalau kita lihat gambaran ekonomi global seperti apa easingnya, policy nya, kebijakan moneter dan fiskalnya hingga likuditasnya," kata Destry.

Dia menjelaskan, Indonesia akan menjadi tempat yang menarik untuk investor global karena masih memiliki return yang menarik, makroekonomi yang masih bagus, pertumbuhan ekonomi yang masih berada di kisaran 5% dan aliran modal asing yang masuk masih deras.



Simak Video "Dolar AS Masih Bertengger di Level Rp 14.073"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com