Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Sep 2019 22:15 WIB

Fintech Bisa Jadi Sarana Mereka yang Mau Pansos

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Hingga kini di Indonesia sektor perbankan masih menjadi tombak pembiayaan ekonomi bagi masyarakat. Untuk membuka dan melebarkan usaha misalnya, dengan pembiayaan dari luar skala usaha bisa cepat dan mudah ditingkatkan.

Namun, dikutip dari CNBC Indonesia, menurut laporan Global Findex Data Base 2017 yang diterbitkan Bank Dunia 95 juta penduduk Indonesia belum memperoleh akses ke perbankan (unbanked). Sedangkan, populasi orang dewasa di Indonesia yang sudah memiliki rekening di bank pun baru menyentuh 49%.

Oleh karena itu, mereka yang tergolong unbanked ini akan sulit atau mungkin lama untuk 'naik kelas' skala usahanya. Tanpa sokongan pembiayaan dari luar, kemampuan untuk meningkatkan skala usaha pun menjadi terbatas.

Namun, sepertinya perubahan teknologi memberikan secercah harapan, kehadirannya ternyata bisa memudahkan masyarakat untuk memperoleh pembiayaan. Kini bank tidak lagi menjadi satu-satunya tumpuan harapan bagi masyarakat unbanked. Melalui teknologi, lahir entitas keuangan berbasis digital. Kita akrab menyebutnya dengan nama financial technology (fintech) lending alias pinjaman online (pinjol). Berikut informasi lengkap seputar perkembangan fintech:

Artikel asli berita ini bisa dibaca di CNBC Indonesia dengan judul: Fintech Lending Bisa Jadi Sarana Panjat Sosial-Ekonomi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com