Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 03 Okt 2019 14:07 WIB

Tantangan Mantri KUR Sambangi Nasabah di Pulau Paling Utara RI

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Pesona Tanjung Wora Si Pemanis Pulau Miangas/Foto: Muhammad Ridho Pesona Tanjung Wora Si Pemanis Pulau Miangas/Foto: Muhammad Ridho
Miangas- - Marketing analisis mikro, atau yang biasanya disebut mantri, adalah ujung tombak sebuah bank dalam mencari nasabah kredit. Tapi di Kepulauan Talaud, kabupaten paling ujung di utara Indonesia, jangan bayangkan pekerjaan mereka seperti di kota-kota besar di Indonesia.

Guitarexky Bawelle, salah satu mantri BRI di Kepulauan Talaud, menceritakan bagaimana tantangan yang ia hadapi sehari-hari. Sebagai mantri ia bertugas melakukan penagihan bulanan kepada nasabah KUR dan sekaligus harus mencari nasabah-nasabah baru.

Namun, lingkup kerjanya bukan hanya di satu pulau, melainkan empat pulau berpenghuni yang ada di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Untuk menyalurkan kredit ke Miangas, pulau paling ujung yang lebih dekat ke Filipina ketimbang Indonesia, misalnya, ia harus menempuh perjalanan bermil-mil menggunakan kapal.

"Enggak semua bisa saya datangi, di Pulau Miangas saya enggak cari nasabah, tapi dari mereka dulu yang mengajukan KUR," kata saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.


Jika sudah ada sepuluh orang yang ajukan KUR dari Miangas, baru ia bisa datang ke pulau tersebut untuk melakukan survey serta analisis nasabah.

Pria yang akrab disapa Kiki juga mengatakan bahwa ia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada nasabah, contohnya seperti percepatan pencairan dana.

"Dari setelah survey hingga pencairan dana paling tidak hanya 2-3 hari saja, itu juga tergantung dengan sistem, bisa lebih cepat atau lambat," jelasnya.

Sejak berdiri pada 25 November 2016 silam, Bank BRI Temporary Outlet Miangas sendiri kini sudah memiliki 20 nasabah KUR yang mayoritas berprofesi sebagai pedagang sembako.

Para nasabah ini bahkan sudah ada yang mengajukan KUR untuk kedua kalinya setelah KUR pertamanya lunas.

"Ini sudah pinjaman yang kedua, yang pertama sudah selesai bulan Maret lalu, yang kedua ini mama dapat pinjam Rp 25 juta untuk tambah-tambah usaha. Dengan pinjam KUR tiap bulan harus setor-setor jadi tambah semangat untuk kerja," ucap Yulfitri Kaemung, salah satu pedagang sembako.


Berkat adanya Bank BRI di Miangas, masyarakat perbatasan menjadi semakin mudah mengakses perbankan. Selain itu, adanya KUR BRI juga bisa membantu para pelaku UMKM di Miangas dalam memperoleh permodalan untuk mengembangkan usaha yang mereka jalankan.

detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan. Untuk mengetahui informasi dari program ini, ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Kapal Tol Laut yang Selalu Dirindukan Warga Miangas"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com