Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Okt 2019 19:07 WIB

LPEI Biayai Perusahaan Indonesia Ekspor Garbarata ke Thailand

Yakob Arfin - detikFinance
Foto: dok LPEI Foto: dok LPEI
Jakarta - PT Bukaka Teknik Utama Tbk menandatangani kontrak penjualan 33 unit boarding bridge (garbarata) dengan M-Solutions Co., Ltd. - Airport of Thailand senilai US$ 7,50 juta. Garbarata ini nantinya akan digunakan di Bandara Don Mueang, Bangkok, Thailand.

PT Bukaka Teknik Utama Tbk merupakan perusahaan konstruksi yang menghasilkan garbarata, jembatan, dan infrastruktur lain penunjang pertambangan.

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai salah satu Special Mission Vehicles Kementerian Keuangan RI dalam hal peningkatan ekspor, telah mendukung PT Bukaka Teknik Utama Tbk sejak tahun 2014 baik dari sisi pembiayaan maupun penjaminan.


Direktur Pelaksana I LPEI Dikdik Yustandi mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT Bukaka Teknik Utama Tbk. Dikdik mengatakan kontrak tersebut merupakan bukti bahwa produk Indonesia telah diakui secara internasional.

"Penandatangan kontrak ini membuktikan bahwa produk buatan Indonesia yang dalam hal ini adalah boarding bridge sudah diakui secara internasional dan diharapkan dapat terus berlanjut. LPEI sebagai lembaga keuangan khusus yang di bentuk Pemerintah Indonesia untuk peningkatan ekspor menyatakan siap dan terus berkomitmen untuk mendukung PT Bukaka Teknik Utama Tbk baik dari sisi pembiayaan, penjaminan, asuransi maupun jasa konsultasi dalam rangka ekspor," kata Dikdik dalam keterangan tertulis, Selasa (22/10/2019).

Garbarata merupakan produk unggulan ekspor PT Bukaka Teknik Utama Tbk dengan negara tujuan ekspor antara lain Jepang, India dan Thailand. PT Bukaka Teknik Utama Tbk merupakan satu-satunya produsen garbarata yang ada di Indonesia dan termasuk dalam 5 produsen terbesar garbarata yang ada di dunia.

Saat ini, seluruh boarding bridge bandara yang berada di bawah supervisi Angkasa Pura merupakan hasil produksi PT Bukaka Teknik Utama Tbk.


Pembiayaan yang diberikan oleh LPEI untuk modal kerja operasional perusahaan, pembelian bahan baku, pembangunan infrastruktur penunjang ekspor sedangkan penjaminan diberikan untuk jaminan penawaran, pelaksanaan, uang muka, pemeliharaan, counter guarantee dan/atau jaminan lainnya untuk proyek-proyek infrastruktur berorientasi serta menunjang ekspor.

Fasilitas yang telah diberikan LPEI mencapai sebesar Rp 2,26 triliun. Fasilitas pembiayaan ekspor yang diberikan oleh LPEI juga digunakan untuk melakukan ekspor 33 unit boarding bridge ke Thailand.

Simak Video "Ambisi Jadi Ratu, Gelar Kehormatan Selir Raja Thailand Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com