BI Ramal Ekonomi RI 2019 Tumbuh di Bawah 5,2%

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 24 Okt 2019 17:45 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2019 cenderung di bawah 5,2%. Sementara, pada kuartal III 2019 diperkirakan tumbuh 5,05%.

"Secara keseluruhan memang kami melihat tadi, kami sampaikan perkiraan pertumbuhan ekonomi kami di 2019 yaitu akan cenderung di bawah titik tengah 5 sampai 5,4%. Titik tengah 5,2%, tadi kecenderungan di bawah 5,2%," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Gedung BI Jakarta, Kamis (24/10/2019).

"Saya pernah menyampaikan ditanya pertumbuhan ekonomi pada triwulan III saya katakan di sekitar 5,1%. Pengakuan tadi berbagai indikator-indikator memang kecenderungannya pertumbuhan ekonomi di triwulan III 2019 itu akan di sekitar 5,05%," tambahnya.

Perry menjelaskan, kegiatan ekonomi pada kuartal III memang tumbuhnya tidak terlalu kuat. Kegiatan ekonomi diperkirakan akan membaik di kuartal IV.



Dia mengatakan, kegiatan investasi akan membaik di kuartal IV lantaran sebelumnya tertahan oleh event pemilu hingga pembentukan kabinet.

"Termasuk survei dunia usaha, yang tadi kami sampaikan bahwa kegiatan investasi akan meningkat karena korporasi punya rencana investasi mempunyai pembiayaan yang mereka belum merealisasikan karena menunggu dari hasil pemilu, sampai kemudian pemilihan presiden, dilantiknya presiden dan pembentukan kabinet," jelasnya

Dari sisi konsumsi juga akan membaik sejalan dengan inflasi yang rendah. Kemudian, didukung oleh penyaluran bantuan sosial yang diberikan pemerintah. Sehingga, konsumsi khususnya golongan menengah bawah membaik.

"Yang menjadi isu tadi adalah untuk golongan menengah akan sangat dipengaruhi oleh kegiatan produksi dan investasi dari dunia usaha. Yang tadi berkaitan kenapa dunia usaha belum merealisasikan investasi masih ada sikap wait and see," tutupnya.



Simak Video "Kayu Putih Hidupkan Desa Wonoharjo"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)