Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 13:23 WIB

Sindirian Jokowi ke Perbankan Dalam Negeri

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir para perbankan Indonesia yang masih nyaman memberikan pembiayaan kepada nasabah besar saja dan melupakan nasabah kecil yang seharusnya banyak dibantu.

Hal itu diungkapkannya di depan para bankir saat membuka acara Indonesia Banking Expo 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan.

"Saya mengajak bapak ibu semuanya jangan hanya membiayai yang besar-besar saja," kata Jokowi, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi bilang para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang jumlahnya mencapai 60 juta ini juga membutuhkan aliran pembiayaan perbankan agar bisa berkembang dan naik kelas.

"Sekali lagi jangan membiayai yang besar-besar saja. Ini kalau tepuk tangan artinya bapak ibu semuanya setuju. Dan jangan membiayai yang itu-itu saja. Tepuk tangan lagi artinya setuju," jelas dia.

Bahkan, Mantan Wali Kota Solo ini mengajak para perbankan bisa membuka kantor cabang di daerah pelosok. Selama ini yang sudah berkontribusi pada daerah pelosok hanya Bank Rakyat Indonesia (BRI), sedangkan swasta nasional belum ada yang bergerak.

"Jangan enggan turun ke bawah. Sekali lagi berikan hati kita kepada yang kecil-kecil, kepada yang mikro. Jangan enggan turun ke bawah, juga jangan enggan mau capek untuk mengawal yang kecil yang mikro menjadi ke tengah dan besar," tegas Jokowi.

Menurut Jokowi, kehadiran para perbankan nasional di seluruh pelosok juga bisa mendukung tingkat literasi keuangan di daerah dan menjaga perekonomian.

Lanjut ke halaman berikutnya >>> (hek/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com