Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Nov 2019 10:31 WIB

Pertumbuhan Ekonomi RI Lesu, BI: Ada Perang Dagang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengungkap kondisi perekonomian nasional dalam acara Workshop on Accelerating Infrastructure Development yang di gelar di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019). Acara ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menjelaskan, kondisi ekonomi global saat ini tengah tidak menentu dan bakal berlanjut. Hal itu disebabkan oleh perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Kita sama-sama tahu kondisi saat ini, kita menyadari global ada trade war yang rasanya roll dan sustain, antara Amerika dan China yang merambah Eropa, Jepang, dan seterusnya. Dan, kondisi geopolitik yg menyebabkan perekonomian berbagai negara terimbas," katanya.

Rosmaya melanjutkan, data pertumbuhan ekonomi nasional pun sudah dirilis di mana pada kuartal III ekonomi Indonesia hanya tumbuh 5,02%. Hal ini menunjukkan ketidakpastian global berpengaruh pada kinerja perdagangan.


Memang, Rosmaya melihat ada perkembangan di sisi ekspor karena didorong kenaikan harga nikel. Menurutnya, itu hanya bersifat sementara.

"Kita sama-sama tahu ekspor triwulan III ada perkembangannya adanya ekspor nikel, itu secara khusus kita lihat harga nikel kita lihat ada meningkat, ini bukan karena kebutuhan riil. Saya rasa ini antisipasi pelarangan ekspor. Kita harus waspadai itu," ungkapnya.

Hal yang menantang lainnya ialah kinerja manufaktur yang melemah di tengah transformasi yang sedang dilakukan pemerintah. Dia bilang ini harus menjadi perhatian karena berdampak pada investasi dan konsumsi.

"Kita lihat juga lemahnya kinerja sektor manufaktur di tengah sejumlah transformasi pemerintah dan akan menjadi perhatian kita karena dampaknya investasi dan konsumsi," paparnya.



Simak Video "Kominfo Siapkan Regulasi Jasa Pengiriman Belanja Online"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com