Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Nov 2019 11:08 WIB

Pengusaha RI Mulai Belajar Terapkan Blockchain di Usahanya

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin Indonesia) melalui Blockchain Center of Excellence and Education (BCEE) menggelar pelatihan bagi perusahaan nasional yang ingin menggunakan teknologi blockchain. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari penyelenggaraan KTT Global Blockchain Investment 2019 Juli lalu.

Lokakarya yang digelar ini merupakan angkatan pertama. Pelatihan ini sudah berlangsung sejak 5 November 2019 kemarin.

"Workshop ini akan memberikan gambaran bagaimana teknologi blockchain diterapkan di berbagai belahan dunia dan sikap negara atau otoritas pemerintahan menghadapi teknologi ini," kata Wakil Ketua Komite Tetap Teknologi Informasi Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasok Kadin Hidayat Tjokrodjojo di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (7/11/2019).


Pelatihan ini awalnya membahas secara umum tentang blockchain dan bagaimana blockchain sebagai sistem database telah diterapkan dalam berbagai sektor. Pelatihan ini juga membahas hal spesifik dan tematik berbasis studi kasus beberapa sektor ekonomi.

Hari kedua, secara khusus membahas sektor industri dengan fokus pada sektor logistik dan kelautan. Selanjutnya, penerapan blockchain pada sektor pertambangan dan penerapan token. Hari ini pelatihan membahas khusus sektor perbankan dan asuransi.

BCEE yang merupakan kerjasama Kadin Indonesia dengan Blockchain Asia Forum (BAF). Pelatihan ini mendatangi banyak pembicara seperti Ketua Blockchain Asia Forum (BAF) Vincent Choy dan CEO Vision Group Philip Wong.



Simak Video "Pengusaha: Revisi UU KPK Tak Jadi Kendala Iklim Investasi di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com