ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Nov 2019 20:22 WIB

bjb Resmi Jadi Bank RDN Periode 2019-2014

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Dok. CNBC Indonesia Foto: Dok. CNBC Indonesia
Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) resmi menjadi BPD pertama yang menjadi Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (bank RDN) periode 2019-2024. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara bjb dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Direktur Utama Bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan dengan menjadi bank RDN menunjukkan kredibilitas perusahaan. Selain itu perusahaan juga bisa mengantisipasi kebutuhan pelanggan dan memperluas pasar dengan menjaring nasabah baru serta bisa meningkatkan dana di bidang pasar modal.

"Serta memberi manfaat bagi nasabah dengan mendorong nasabah bank bjb untuk diversifikasi portfolio dana yang dimilikinya melalui peran aktif dalam perdagangan instrumen pasar modal," kata Yuddy dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/11/2019).


Selain peluang, Bank bjb juga siap menghadapi tantangan yang inheren melekat pada perseroan yang berstatus bank administrator RDN. Seperti diketahui, Bank RDN memiliki peran signifikan dalam menciptakan iklim investasi di mana Bank RDN diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia dan memberikan transparansi kepada investor guna membangun lingkungan investasi yang aman dan nyaman.

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan bergabungnya Bank bjb yang merupakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebagai Bank Administrator RDN akan mendukung program Perusahaan Efek Daerah (PED) yang dicanangkan oleh OJK bersama dengan Self-Regulatory Organizations (SRO).

"Sebagaimana kita ketahui, OJK bersama SRO memiliki program PED. PED ini akan melayani calon nasabah yang ada dalam provinsinya, sehingga akan lebih tepat jika bekerja sama pula dengan Bank Administrator RDN yang berasal dari provinsi tersebut. Kita ketahui juga bahwa Bank bjb yang sudah mempunyai loyalis nasabah besar di daerah Jawa Barat dan Banten tentunya akan mempermudah PED di wilayah Jawa Barat dan Banten nantinya untuk memperoleh calon nasabah," kata Uriep di kesempatan yang sama.


Sebelumnya, terdapat 16 Bank Administrator RDN yang bekerja sama dengan KSEI pada periode 2019-2024, yang terdiri dari 13 Bank Umum, dan 3 Bank Syariah. Kerja sama dengan Bank bjb menambah total jumlah Bank Administrator RDN menjadi 17 bank per November 2019.

Fungsi Bank Administrator RDN adalah memberikan jasa kepada Perusahaan Efek untuk membuka rekening dana bagi nasabahnya untuk bertransaksi di pasar modal. Rekening dana nasabah tersebut digunakan untuk penyimpanan dana milik nasabah secara terpisah dari dana PE atau dana milik nasabah lainnya.

Selain penandatanganan PKS dengan KSEI untuk kerja sama selaku bank RDN, pada kesempatan yang sama Bank bjb juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Mandiri Sekuritas. Kerja sama ini meliputi namun tidak terbatas pada pembukaan Rekening Dana Nasabah dan Pemberian layanan Referral Nasabah. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung peran bank bjb selaku PED.

Simak Video "Cinta Rakyat, Bank BJB Beri Kontribusi Dorong UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com