Mantan Bos Bank Sentral Malaysia Bicara soal Digitalisasi, Apa Katanya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 13 Nov 2019 16:39 WIB
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta - Perbankan baik internasional maupun nasional saat ini sedang masuk dalam era digitalisasi. Teknologi membuat perbankan bisa lebih efisien dan lebih mudah untuk menjalankan bisnis.

Mantan Gubernur Bank Negara Malaysia (BNM) Zeti Akhtar Aziz menjelaskan saat ini sektor keuangan di dunia sedang berkembang ke arah digital.

Menurut dia, nasabah atau pengguna layanan perbankan kini lebih memanfaatkan teknologi dibandingkan layanan konvensional. "Teknologi itu mengubah kebiasaan nasabah bank di seluruh dunia. Mereka lebih menyukai platform dibandingkan kantor cabang. Dengan digital ini semuanya akan lebih mudah dan efisien," kata Zeti dalam acara ISEF di JCC, Rabu (13/11/2019).

Dia menyebutkan bank harus dengan cepat mengikuti perkembangan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini menjadi salah satu tantangan yang berat dan harus dihadapi oleh perbankan.


"Jika pengembangan platform tidak harus mengeluarkan modal yang terlalu besar seperti membangun kantor konvensional," imbuh dia.

Menurut Zeti, hal ini juga harus diperhatikan oleh sektor keuangan syariah agar bisa lebih cepat mengimbangi jalannya model perbankan konvensional yang sudah memanfaatkan teknologi.

"Perubahan itu sudah terjadi sekarang, termasuk untuk sistem keuangan syariah yang nantinya akan berdampak pada ekonomi sosial," jelas dia.



Dia menambahkan regulator atau pengawas sektor keuangan harus memperhatikan industri dan mengingatkan risiko yang muncul dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Simak Video "Bank Tawarkan Bunga Tinggi, Hati-hati Tak Dicover LPS"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)