Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 14:43 WIB

Jiwasraya Investasi di Saham Gorengan, Ini Kata OJK

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya/detikcom Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) saat ini sedang mengalami masalah keuangan. Hal ini terjadi akibat kerugian investasi di saham-saham 'gorengan' yang dilakukan oleh manajemen terdahulu.

Menanggapi hal tersebut Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ahmad Nasrullah mengungkapkan saat ini pihak regulator tak bisa berkomentar lebih detail terkait Jiwasraya.

"Ini sudah disampaikan, Jiwasraya saat ini sedang proses penyehatan. Sudah ada sinergi pemegang saham dengan manajemen, apalagi kan pemegang sahamnya pemerintah," kata Nasrullah di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (21/11/2019).


Dia mengungkapkan, saat ini Jiwasraya sedang dalam proses untuk masuk investor. Ada sekitar 2 sampai 3 calon investor asing yang akan masuk untuk menyehatkan Jiwasraya melalui anak usaha Jiwasraya Putra.

"Nanti pengertiannya mayoritas itu investasi strategis untuk anak usaha yang baru. Pengembangan dibutuhkan kapasitas modal hingga infrastruktur," jelas dia.


Direktur Utama (Dirut) Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan, perusahaan sebelum dirinya masuk kerap asal-asalan dalam berinvestasi, terutama di saham. Dia bilang, pembelian saham oleh perusahaan sekelas Jiwasraya dilakukan tanpa pertimbangan matang.

"Jadi memburu apapun instrumen, nggak peduli apapun ratingnya, dicari yang potensi, hanya potensi loh, upsidenya tinggi. Tapi saya tanya, bagaimana melindungi dari downside? nggak ada. Jadi investasinya telanjang, naked. Sehingga ketika pasar jatuh, ya ikut jatuh," kata Hexana.

Simak Video "Trauma Dirampok, Farah Quinn Ogah Simpan Berlian di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com