Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 13:41 WIB

Kisah Mochtar Riady Kembangkan 4 Bank Besar di RI

Iin Yumiyanti - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Berjayanya empat bank swasta terbesar di Indonesia rupanya ada campur tangan Mochtar Riady, salah satu #CrazyRichSurabayan yang merupakan Bos Lippo Group. Sebut saja Bank BCA, Panin Bank, Bank CIMB Niaga, dan Bank UOB.

Mochtar Riady menyatakan keempat bank tersebut pernah dia tangani saat masih dirintis hingga menjadi cikal-bakal bank terbesar di Indonesia. Mulanya dia menceritakan saat memegang Bank Buana yang kini bertransformasi sebagai Bank UOB.

"Pertama-tama mungkin saya memperkenalkan diri saya bahwa saya pernah membangun Bank Buana dari kecil terus jadi besar. Lantas oleh karena ada perubahan zaman lagi saya tinggalkan," kata dia di Djakarta Theater, Jakarta Pusat," Kamis (28/11/2019).


Akhirnya dia berlabuh ke Panin Bank, dari bank kecil menjadi besar di masanya dan bertahan hingga kini. Tak lama, dia pergi ke BCA. Di tangannya, bank tersebut juga berhasil menjadi besar, di mana asetnya mengalami peningkatan.

"Dari satu cabang US$ 1 juta asetnya sampai waktu saya tinggalkan BCA pada tahun 1991 adalah kira-kira 1 triliun asetnya," sebut dia.

Setelah meninggalkan BCA, dia memegang Bank CIMB Niaga. Jadi totalnya ada 4 bank raksasa yang dulu pernah ada campur tangannya.


"Maka sekarang bank swasta 4 yang terbesar, yaitu BCA, Panin Bank, CIMB, sama Bank Bunana menjadi UOB. 4 bank swasta yang paling besar itu semua baby saya," tambahnya.

Simak Video "Ditahan KPK, Eks Presdir Lippo Cikarang: Saya Difitnah!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com