Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 07:47 WIB

Tips Keluar dari Jeratan Utang

Vadhia Lidyana - detikFinance
1 1. Utang Bukan Solusi
Halaman 2 dari 3
Foto: Pinjam Online (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)

Perencana keuangan Eko Endarto mengatakan, langkah pertama yang harus diambil seseorang ketika terlilit utang yakni bertekad untuk tak berutang lagi.

"Pertama adalah perbaiki diri dari dalam dulu. Dengan berkomitmen nggak berutang lagi," kata Eko kepada detikcom, Kamis (28/11/2019).

Langkah kedua, yakni menghukum diri sendiri dengan menjual barang-barang atau aset yang tak diperlukan, atau aset yang tidak terlalu dibutuhkan yang dibeli melalui utang tersebut.

"Dengan menghukum diri kita sendiri, yaitu aset-aset yang nggak perlu harus dilepas dulu. Dulu kita beli apa, belanja apa dengan utang tadi, ternyata nggak dibutuhkan ya itu harus berani dijual dulu. Harus berani dilepas dulu karena itu sumber masalah kan," papar Eko.

Jika langkah-langkah tersebut tak juga mengeluarkan seseorang dari lubang utangnya, maka ia harus berani bernegosiasi dengan pihak yang memberi utang.

"Kedua, nanti ketika sudah diselesaikan itu masih belum selesai juga, maka mau nggak mau harus cari jalan ke luar, negosiasi ke pemberi utang dsb. Sehingga akan ketahuan apakah dia bisa di restrukturisasi utang-utangnya, terus diberikan keringanan, sehingga dia bisa mendapat jalan ke luar," jelas Eko.



(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +