Banjir Air Mata Ratusan Warga Korsel Korban Jiwasraya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Des 2019 07:54 WIB
Foto: Rengga Sancaya/detikcom

2. 470 Nasabah Jadi Korban, Bos Samsung Salah Satunya
Salah satu perwakilan korban dari Korsel, Lee Kang Hyun bercerita bahwa kebanyakan orang Korea di Indonesia ditawarkan asuransi lewat bank. Salah satunya lewat Bank KEB Hana, dengan embel-embel asuransi milik perusahaan pelat merah, banyak orang Korea yang tertarik dan jadi nasabah.

"Saya ketua Kadin Korea Indonesia, saya korban juga, 470 orang Korea jadi korban. Orang Korea sebagian besar menabung di Hanna Bank, maka ditawari lah asuransi Jiwasraya. Orang Korea nanya bunganya berapa? Hanna Bank bilang bunganya tinggi, karena ini Jiwasraya milik negara," ucap Lee di Ruang Rapat Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (2/14/2019).

Usut punya usut, selain sebagai Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Korea di Indonesia, Lee juga menjabat sebagai Vice President Samsung Indonesia.

Kembali ke keluhan Lee, dia menyebutkan bahwa dijanjikan oleh Bank Hanna bahwa asuransi Jiwasraya aman karena milik pemerintah.

"Mereka sampaikan ini asuransi BUMN jadi nggak ada masalah. Mereka bilang, kalau pemerintah nggak bayar berarti pemerintah bangkrut," ucap Lee.