Dirut Baru Bank Mandiri Diputuskan Hari Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 09 Des 2019 05:32 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Senin (9/12/2019). Agenda RUPSLB tunggal, yakni perubahan pengurus perseroan.

Perubahan pengurus terjadi pada direksi dan komisaris. Di dewan direksi perubahan terjadi khususnya untuk posisi Direktur Utama. Sebab, Direktur Utama sebelumnya yakni Kartika Wirjoatmodjo diangkat menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga sebelumnya mengatakan, Direktur Utama akan diisi oleh kalangan internal Bank Mandiri.

"Ya sudah demi kemaslahatan kalian semua, dari internal," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2019).

Pada dewan komisaris ada perubahan lantaran Mantan Keuangan Muhammad Chatib Basri baru saja ditunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri. Penunjukan Chatib Basri secara resmi dilakukan di RUPSLB.


"Saya bersyukur Pak Chatib Basri mau masuk dalam jajaran Komisaris Bank Mandiri, Mantan Menteri dengan reputasi yang sangat baik mau berkeringat ikut membenahi BUMN. Semoga menjadi sinyalemen positif bagi Bank Mandiri," jelas Erick dalam keterangan resminya, kemarin (8/12/2019).

Dengan masuknya Chatib dalam jajaran pimpinan Bank Mandiri ini, Erick berharap mampu meningkatkan kinerja Bank Mandiri secara nasional. Serta, menjadikannya sebagai pemain layananan keuangan yang disegani di Asia Tenggara.

"Ini sebuah kehormatan buat saya. Menjadi Wakil Komisaris Utama di bank sebesar Mandiri bukanlah hal yang mudah, ini sekaligus sebuah tantangan. Apalagi Pak Menteri meminta fungsi Komisaris saat ini betul-betul dijalankan dengan baik. Saya berharap kinerja Mandiri terus meningkat dan disegani dan mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi," ujar Chatib.



Simak Video "Uang Miliaran Rupiah Raib, Nasabah Segel Kantor Unit Bank Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)