Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Des 2019 10:34 WIB

Buka Rakornas Bank Wakaf, Jokowi Target KUR Rp 325 T di 2024

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 325 triliun pada tahun 2024. Hal itu diungkapkannya saat membuka Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan.

Jokowi mengatakan peningkatan target penyaluran KUR bagian upaya pemerintah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan nasional yang saat ini masih belum 100.% untuk literasi hingga saat ini baru mencapai 35%, sedangkan inklusi keuangan 75%.

"Intinya kita mau ajak seluruh daerah agar bisa mendorong seluruh rakyat kita bisa akses ke keuangan," kata Jokowi, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Jokowi mengungkapkan akses keuangan yang bisa dimanfaatkan masyarakat saat ini antara lain program Mekaar dari PT PNM (Persero), di mana jumlah nasabahnya mencapai 5,9 juta orang. Selanjutnya program Bank Wakaf Mikro (BWM) yang dimanfaatkan oleh 55 pesantren diseluruh Indonesia.


Selanjutnya KUR, di mana tahun ini target penyalurannya Rp 140 triliun dan tahun 2020 sebesar Rp 190 triliun.

"Harus keluar dari perbankan kita untuk usaha kecil, target saya berikan Rp 325 triliun harus keluar untuk usaha mikro," jelasnya.

Guna meningkatkan akses masyarakat terhadap perbankan, Mantan Wali Kota Solo ini mengaku akan mendorong kemudahan akses menabung mulai dari SD, SMP, maupin SMA/SMK. Lalu, upaya lainnya juga memudahkan akses pembiayaan bagi masyarakat.

"Kita lihat tadi angka literasi keuangan masih 35%, inklusi keuangan kita masih 75%, kita masih memiliki ruang besar mendorong masyarakat agar bisa akses keuangan yang kita miliki," ungkapnya.



Simak Video "Hore! Bunga KUR Turun Menjadi 6% di 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com