Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Des 2019 17:53 WIB

Direktur Kepatuhan BTN Masih Jalani Fit & Proper Test OJK

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Direktur Human Capital, Legal dan Compliance PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), Yossi Istanto dikabarkan belum lolos uji kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kabar itu diumumkan oleh perusahaan melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (11/12/2019).

Yossi diinformasikan belum memperoleh persetujuan sebagai direktur kepatuhan BTN. Lantaran proses fit and proper test masih berlangsung dan belum ada keputusan dari OJK, maka dirinya belum dapat melakukan tindakan, tugas dan fungsi sebagai direktur kepatuhan BTN.


Direktur Kepatuhan BTN sebelumnya diisi oleh Mehelan Prabantarikso. Kemudian posisi itu digabungkan dengan tugas Yossi sebelumnya yang menjabat sebagai Direktur Strategic Human Capital.

Dengan belum adanya persetujuan dari OJK maka kondisi direktur kepatuhan BTN berstatus berhalangan tetap. Sesuai peraturan, BTN harus mencari sosok direktur kepatuhan paling lama 6 bulan setelah status tersebut.

Sambil menunggu itu, BTN juga diwajibkan menunjuk salah satu direktur lainnya untuk membawahi fungsi kepatuhan. Sehubungan dengan hal itu, BTN pun tetap menunjuk Yossi untuk sementara menjalankan fungsi tersebut.



Simak Video "OJK soal Asabri: Pengawasan Tak Sepenuhnya di Kami, Kewenangan di Irjen"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com