Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Des 2019 20:18 WIB

Bos BCA soal Caplok Rabobank: Sesekali Bank Nasional Akuisisi Asing

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Dirut BCA Jahja (Foto: Istimewa) Dirut BCA Jahja (Foto: Istimewa)
Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan mengakusisi PT Bank Rabobank Internasional Indonesia. Total nilai transaksi ini ditaksir mencapai Rp 397 miliar.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan rencana aksi korporasi akuisisi sudah ada di rencana bisnis bank sejak beberapa tahun lalu.

"Sudah ada di RBB sudah beberapa tahun lalu. (Incar Rabobank) Ini sejak beberapa bulan lalu. Sesekali bank Nasional akuisisi bank asing yang di Indonesia ya," kata Jahja saat dihubungi detikcom, Rabu (11/12/2019).


Dia mengungkapkan harga akuisisi senilai Rp 397 miliar ini adalah di bawah 1 kali book value. Price book value biasanya digunakan sebuah perusahaan untuk proses pembelian saham. Valuasi yang disebut murah jika book valuenya di bawah atau sama dengan 1 kali. Ini artinya BCA mengakuisisi Rabobank saat harganya sedang murah.

"Iya (beli murah) nanti akan digabung dengan salah satu entitas anak BCA hanya belum ditetapkan yang mana. imbuh dia.


Sekadar informasi saat ini entitas anak BCA terdiri dari BCA Finance yang bergerak di pembiayaan kendaraan roda empat, BCA Insurance atau asuransi umum milik BCA, BCA Syariah, BCA Multifinance anak usaha BCA yang membiayai kendaraan dan multiguna, BCA Life yang bergerak di bidang asuransi jiwa, Central Capital Ventura anak usaha yang merupakan investor pada perusahaan rintisan atau start up, BCA Finance Limited anak perusahaan yang didirikan di Hong Kong sejak 1975 dengan bisnis utama kiriman uang dan pembukaan rekening Tahapan.



Simak Video "Berburu Tiket Murah Hingga Nginap di Mall? Ada!"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com