Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Des 2019 07:40 WIB

Bank Permata Resmi Dicaplok Bangkok Bank

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Akhirnya, Bangkok Bank menjadi pemegang saham mayoritas PT Bank Permata Tbk (BNLI) setelah resmi mengakuisisi saham milik Standard Chartered Bank (Standard Chartered) dan PT Astra International Tbk (Astra).

Tidak ada yang menduga bank asal Thailand itu menjadi pemegang saham mayoritas, lantaran sebelumnya tidak pernah terdengar akan mengakuisisi saham.

Yang santer terdengar sebelumnya seperti Bank Mandiri, Dua perusahaan asal Singapura, Oversea-Chinese Banking Corp (OCBC) Group Holdings dan DBS Group Holdings (DBS).

Bangkok Bank mengumumkan penandatanganan perjanjian pembelian saham bersyarat dengan Stanchart dan Astra untuk mengakuisisi total 89,12% saham PT Bank Permata Tbk di Indonesia.

Transaksi diharapkan akan selesai pada tahun 2020. Bangkok Bank mengantisipasi penawaran tender wajib (mandatory tender offer) untuk sisa 10,88% saham di Permata setelah merampungkan akuisisi saham kepemilikan sebesar 89,12%.

Transaksi akan dilaksanakan berdasarkan penilaian yang disepakati sebesar 1,77 kali lipat dari nilai buku Permata (yang masih akan disesuaikan). Adapun pada 30 September 2019, harga pembelian indikatif saham permata adalah Rp 1,498 per saham dan nilai transaksi indikatif Rp 37,4 triliun atau sekitar US$ 2,6 miliar untuk 89,12% saham.

Sementara untuk kepemilikan 100,0% saham nilainya diperkirakan sebesar Rp 42 triliun atau sekitar US$ 3 miliar.

Harga yang harus dibayar oleh Bank untuk kepemilikan 89,12% saham di Permata akan difinalisasikan berdasarkan 1,77 kali lipat dari nilai buku Permata (yang masih akan mengalami beberapa penyesuaian), sebagaimana tercantum dalam laporan keuangan terakhir yang diterbitkan Permata sebelum penyelesaian Transaksi.

Penyelesaian Transaksi tunduk pada sejumlah kondisi sebelumnya termasuk persetujuan regulator dari Bank of Thailand dan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK) serta persetujuan rapat umum pemegang saham Bangkok Bank.

Duitnya dari mana?
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "''Ad Astra'', Perjalanan Intim Bersama Brad Pitt"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com