Belum Rilis Laporan Keuangan 2018, Ini Penjelasan Bos Jiwasraya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 27 Des 2019 19:05 WIB
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) belum menyampaikan laporan keuangan 2018 hingga saat ini. Padahal, tahun 2019 sudah hampir berlalu.

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko mengatakan, Jiwasraya belum menyampaikan laporan keuangan karena kantor akuntan publik (KAP) belum ditunjuk.

"Jadi KAP belum ditunjuk, KAP itu kewenangan pemegang saham, pemegang saham akan menetapkan KAP untuk mengaudit perusahaan," katanya di Kawasan Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019).

Dia menjelaskan, KAP belum ditunjuk karena juga menunggu hasil pemeriksaan laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Jadi pemegang saham belum menunjuk karena sedang diaudit BPKP dan BPK, jadi menunggu hasilnya dulu baru diaudit. Tapi mundur sampai Desember ternyata belum ada hasilnya, belum selesai," tegas dia.


Meski begitu, dia menuturkan, KAP akan segera ditunjuk. Lantaran, pemegang saham telah memberikan mandat agar KAP ditunjuk komisaris.

"Udah diserahkan mandatnya ke komisaris, udah diputus. KAP diserahkan komisaris, prosedurnya gitu KAP kewenangan pemegang saham tapi bisa dilegasikan komisaris," ujarnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya telah memiliki laporan keuangan yang belum diaudit. Secara garis besar, ekuitas negatif Rp 10,24 triliun dan defisit Rp 15,83 triliun.

"Ekuitas negatif Rp 10,24 triliun," kata Hexana yang mulai menjabat November 2018 itu.



Simak Video "Akan Dilelang! Ini Deretan Kendaraan Mewah Rampasan Korupsi Jiwasraya"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)