Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Des 2019 15:00 WIB

Pakai Kartu Kredit atau PayLater? Ini Untung-Ruginya

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Belanja Online (Foto: shutterstock) Ilustrasi Belanja Online (Foto: shutterstock)
Jakarta - Saat ini masyarakat semakin dimudahkan dalam memenuhi keperluan. Tanpa pusing menunggu punya uang, mereka bisa memenuhi sifat konsumtifnya. Bila sejak dulu ada yang namanya kartu kredit, kini ada pula paylater yang disediakan oleh perusahaan financial technology (fintech) maupun startup lainnya.

Keduanya adalah sistem pembayaran yang serupa, di mana masyarakat bisa membeli barang atau jasa yang ditalangi terlebih dahulu baru kemudian dicicil hingga tenggat waktu yang disepakati. Namun, baik kartu kredit maupun paylater memiliki plus-minus. Masyarakat perlu memerhatikan hal-hal tertentu sebelum menggunakan layanan tersebut. Apa saja?

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto menjelaskan bahwa dari segi kemudahan, paylater lebih unggul dibandingkan kartu kredit perbankan.

"Kita nggak bicara untung-rugi tapi bicara kelebihan dan kekurangan. Kelebihan paylater adalah tidak ada syarat yang terlalu rumit dibandingkan perbankan," kata Eko saat dihubungi detikcom, Minggu (29/12/2019).


Mengapa demikian, karena kata dia biasanya paylater diberikan kepada masyarakat yang sudah berkali-kali melakukan transaksi di aplikasi digital tertentu.

"Karena kan biasanya paylater dikasih untuk mereka-mereka yang sudah bertransaksi berkali-kali di aplikasi tertentu ya sehingga dikasih kemudahan untuk bayar belakangan walaupun sama-sama kena bunga juga sebenarnya," sebutnya.

Sementara kartu kredit, dia menilai lebih ketat persyaratannya dibandingkan fitur paylater pada fintech.

"Kartu kredit biasanya perbankan itu melihat nih sejarah kreditnya bagaimana, apakah dia masuk dalam blacklist BI atau nggak, sehingga memang biasanya syaratnya di BI atau di bank itu lebih tinggi dibandingkan paylater ya," ujarnya.


Meskipun paylater lebih mudah dalam proses pengajuannya, Eko menganggap bunga cicilan kartu kredit lebih bersahabat.

"Tapi bunganya biasanya lebih kecil kartu kredit dibandingkan paylater," tambahnya. (toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com