Resmikan Bank Wakaf Mikro, Jokowi: Jangan Pinjam ke Rentenir

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Senin, 30 Des 2019 18:15 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Rengga Sancaya
Kendal - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bank wakaf mikro Apik Kaliwungu dan Al Fadlu di Kendal, Jawa Tengah. Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tak lagi pinjam ke rentenir dan beralih ke bank wakaf mikro.

"Apa yang kita inginkan dari pondok pesantren dan lingkungan pondok pesantren apabila ada keinginan untuk membesarkan usaha yang ada di situ ada banknya yaitu bank wakaf mikro," kata Jokowi di Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/12/2019).

Jokowi pun berharap masyarakat bisa mengajukan pinjaman ke bank Wakaf Mikro. Apalagi mengajukan pinjaman di bank wakaf mikro ini tanpa menggunakan agunan.

"Jangan sampai pinjamnya ke rentenir, hati-hati, hati-hati, nggih. Setop. Sekarang sudah ada bank wakaf mikro," pesan Jokowi.


Jokowi juga menjelaskan masyarakat bisa mengajukan pinjaman awal Rp 1 juta untuk mengembangkan usahanya lewat bank wakaf mikro. Keuntungan lainnya masyarakat tidak akan diminta agunan ataupun jaminan.

"Bank wakaf mikro ini tidak memakai agunan, tidak memakai jaminan. Artinya bapak-ibu yang mendapatkan bantuan pinjaman adalah dipercaya," ujar Jokowi.

"Panjenengan tindak (anda berangkat) ke bank pasti akan ditanya agunannya apa bu? Jaminannya apa bu? Di sini tidak, ini lah kepercayaan," sambung Jokowi.


Dia menambahkan pemerintah berusaha mendirikan bank wakaf mikro ini untuk memberikan bantuan modal ke pelaku usaha mikro.

"Pemerintah berusaha membuka bank wakaf agar ada akses keuangan gampang mencari modal dari usaha-usaha mikro kita untuk lingkungan pondok pesantren. Karena bank wakaf mikro ini dikhususkan ke segmen usaha mikro," tuturnya.


Resmikan Bank Wakaf Mikro, Jokowi: Jangan Pinjam ke Rentenir


Simak Video "Tinjau Lokasi Gempa, Jokowi: Rumah Rusak Berat Dapat Rp 50 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ara)