Seperti Jiwasraya, Asabri Juga Investasi di Saham Gorengan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 14 Jan 2020 05:57 WIB
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Sejumlah masalah di PT Asabri (Persero) perlahan terkuak usai Menko Polhukam Mahfud Md menyebut adanya dugaan korupsi di atas Rp 10 triliun. Masalah yang muncul di Asabri di antaranya ialah terkait pengelolaan investasi

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pengelolaan investasi di Asabri punya model yang sama dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Model investasinya sama," katanya di Kementerian BUMN Jakarta Pusat, Senin kemarin (13/1/2020).

Arya kemudian menjelaskan, belum lama ini Menteri BUMN Erick Thohir memanggil direktur Asabri. Pemanggilan itu untuk meminta laporan kondisi Asabri. Arya menjelaskan, secara operasional, Asabri memiliki kondisi baik. Asabri mampu melayani klaim nasabah.

"Jadi Asabri seperti itu, Asabri secara operasional tidak ada masalah, kalau ada klaim-klaim dia bisa bayar, agak beda Jiwasraya," ujarnya.

Berkaitan dengan model investasinya, Arya membenarkan Asabri investasi di saham-saham yang kualitasnya tidak bagus alias gorengan. Namun, ia tak menyebut saham-saham yang dimaksud.

"Soal dia memang ada bermain invest seperti itu, dari laporan kami terima memang ada juga invest yang saham di saham yang tidak bagus," ujarnya.

Maka itu, pihaknya akan segera membenahi Asabri. Namun, pembenahan yang dilakukan berbeda dengan Jiwasraya.

"Kalau Jiwasraya bisa masuk investor, karena dia kan bisnis bisa mengeluarkan produk. Maka mekanisme bisnis untuk Jiwasraya tidak bisa dilakukan seperti Asabri, karena Asabri ini adalah asuransi sosial, yang menyangkut, dia kan nggak bisa jual produk. Kita mencari solusi untuk mereka," terangnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Erick Sebut Keuangan Asabri Stabil, Mahfud Minta Prajurit Tak Khawatir"
[Gambas:Video 20detik]