Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 14 Jan 2020 14:49 WIB

Mirip Jiwasraya, Asabri Juga Beli Miliaran Saham Ikan Arwana

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Ada kemiripan dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero). Keduanya berinvestasi di beberapa saham lapis tiga yang sama, salah satunya PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP).

Inti Agri Resources adalah perusahaan penjual ikan arwana yang tercatat di pasar modal. Saat ini sahamnya berada di level paling dasar Rp 50 per lembar alias saham gocap.

Berbeda dengan Jiwasraya yang berinvestasi di saham IIKP melalui sederet reksadana, Asabri tercatat memiliki secara langsung.

Menurut data RTI per 31 Desember 2019, Asabri tercatat memegang saham IIKP sebanyak 1,82 miliar lembar saham atau setara 5,44% dari seluruh modal yang disetor perusahaan.

Menurut data dari Stockbit, Asabri mulai membeli saham IIKP sejak 14 Desember 2017. Saat itu perusahaan membeli sebanyak 2,33 miliar lembar dengan kepemilikan 6,94%.

Saham IIKP masih bergerak dinamis. Pada Desember 2017 saham IIKP berada di atas level Rp 300-an per lembar saham.



Masih menurut data Stockbit, sejak saat itu Asabri bolak balik membeli saham IIKP. Beberapa kali Asabri juga melakukan aksi jual terhadap saham IIKP.

Untuk Jiwasraya sendiri, menurut laporan hasil pemeriksaan BPK 2016, pada 2015 Jiwasraya memiliki 14 reksadana non asuransi sebesar Rp 8,89 triliun. Kepemilikan Jiwasraya dari 14 reksadana itu beragam mulai dari 54,77% hingga 100% atau memegang seluruhnya.

Total nilai dari 14 reksadana yang dimaksud adalah Rp 9,3 triliun. Itu artinya Jiwasraya memegang paling banyak dari 14 reksadana itu.

Komposisi dari 14 reksadana itu sebesar 99,64% atau Rp 9,29 triliun saham. Menariknya lagi, dari angka itu sebesar Rp 6,39 triliun ada di saham emiten ikan arwana tersebut alias IIKP.

Dari komposisi pemegang saham IIKP saat itu, ternyata paling besar merupakan instrumen reksadana sebesar 38,89% yang terdiri dari reksadana DET I, TFI (X) - TRA Ordinary I, KFT dan MRF III. Keempat reksadana itu dimiliki mayoritas oleh Jiwasraya.

Kepemilikan tersebut belum memperhitungkan penyertaan melalui reksadana lainnya yang juga berinvestasi di saham IIKP. Menurut data BPK pada 2015 secara tidak langsung kepemilikan Jiwasraya atas saham IIKP adalah sebesar 49,26% atau dengan kata lain secara tidak langsung Jiwasraya menjadi pemegang saham terbesar IIKP.



Simak Video "Jokowi Minta Erick Thohir cs 'Beresin' Kasus Jiwasraya-Asabri"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com