Erick Thohir Jamin Keuangan Asabri Aman

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 15 Jan 2020 19:30 WIB
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan bahwa kondisi keuangan PT Asabri (persero) tidak terganggu meskipun sedang dilanda kasus dugaan korupsi sebesar Rp 10 triliun.

Erick menjelaskan kondisi keuangan Asabri masih aman lantaran aset yang dimilikinya masih bagus. Berbeda dengan kondisi aset PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Likuditas Asabri dijamin aman. Karena cashflow-nya, asetnya semua masih bagus. Beda dengan Jiwasraya yang sudah sangat (mengalami kerugian) ya gitu," kata Erick Thohir di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Dia menyadari masalah yang menimpa Asabri karena adanya kesalahan penempatan pada instrumen investasi saham. Hanya saja, dirinya masih menunggu penelusuran dari pihak yang berwajib.

"Tetapi di sisi lain ketika ada investasi di saham, nah itu kan sama, saya rasa dari Kapolri sendiri sudah mengambil langkah tersendiri, kalau yang hukum-hukum tanya ahlinya jangan ke saya," jelas dia.


Menurut Erick, masalah yang menimpa Asabri menandakan bahwa perusahaan tidak mengimplementasikan good corporate governance (GCG) dengan baik.

"Sama kalau kita simpulkan, kejadian Garuda, Jiwasraya, itu ujungnya apa? GCG-nya kan," ungkap dia.

Sebelumnya Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga membenarkan Asabri investasi di saham-saham yang kualitasnya tidak bagus alias gorengan. Namun, ia tak menyebut saham-saham yang dimaksud.

"Soal dia memang ada bermain invest seperti itu, dari laporan kami terima memang ada juga invest yang saham di saham yang tidak bagus," ujarnya.



Simak Video "Erick Thohir Beberkan Biang Kerok Tagihan Listrik Membengkak"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)