Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Jan 2020 06:58 WIB

Blak-blakan Wimboh Santoso

Tonton Blak-blakan Bos OJK: Reformasi Industri Asuransi Cs

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: 20detik
Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso akan mereformasi sektor industri jasa keuangan non bank, seperti asuransi, dana pensiun, dan lembaga pembiayaan. Seperti di sektor perbankan yang butuh waktu selama lima tahun, 2000 - 2005, reformasi kali ini pun diperkirakan akan berlangsung sama.

"Lembaga non bank ini sama sekali belum disentuh reformasi. Ke depan, semua lembaga keuangan non bank harus punya kebijakan risk management, risk appetite-nya harus jelas," kata Wimboh yang juga merupakan Guru Besar Manajemen Risiko di Universitas Negeri Sebelas Maret kepada Tim Blak-blakan detikcom.


Manajemen risiko, ia melanjutkan, antara lain harus mengatur seputar pedoman operasi yang jelas, risiko apa saja yang mungkin terjadi, cara menghitungnya, siapa yang tanggung jawab, hingga instrumen mana yang boleh dan tidak, serta permodalan dan ekosistem keuangannya.

"Itu harus dilaporkan kepada stakeholder (pemilik), otoritas, dan masyarakat," imbuh Wimboh.

Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, "Mereformasi Industri Asuransi" di detikcom, Senin (20/01/2020), pukul 09.00 WIB.

[Gambas:Video 20detik]

(jat/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com