Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Jan 2020 11:35 WIB

Modal Bank Dinaikkan Jadi Rp 3 T, Pengamat: Supaya Mampu Bersaing

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan merombak aturan permodalan bank menjadi minimum Rp 3 triliun. Bank yang tidak memenuhi ketentuan tersebut bank bisa turun kelas menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Pengamat Perbankan Paul Sutaryono menjelaskan bagi bank permodalan merupakan hal yang penting. Dengan dinaikkannya modal minimal bank, maka diharapkan daya saing bisa meningkat.

"Modal itu sangat penting dan mendesak untuk mampu memenangi persaingan," kata Paul saat dihubungi detikcom, Senin (20/1/2020).


Dengan rencana kenaikan modal minimal bank, diperkirakan jumlah bank akan berkurang dan pengawasan OJK bisa lebih mudah.

"Langkah yang dilakukan OJK sudah sesuai, tentu jumlah bank perlu dikecilkan supaya lebih mudah untuk diawasi. Dengan demikian kasus perbankan juga bisa ditekan," imbuh dia.

Sebelumnya Kepala eksekutif pengawas bank OJK Heru Kristiyana mengungkapkan memang dibutuhkan penguatan pada permodalan bank. Hal ini karena bank merupakan lembaga yang berkontribusi besar terhadap perkonomian nasional.

"Saya katakan, yang merasa tidak bisa cepat mengikuti perubahan ekosistem ini maka bisa secara sukarela harus berkonsolidasi," kata Heru.


Dia mengungkapkan, saat ini memang sudah banyak bank yang berkonsolidasi seperti merger namun tidak bisa secepat yang diharapkan. Karena itu, OJK akhirnya menerbitkan peraturan terkait konsolidasi, merger dan akusisisi. Aturan ini diterbitkan agar proses bisa lebih cepat dan bank bisa lebih cepat menyesuaikan.

"Untuk pendirian bank baru modalnya Rp 3 triliun, ke depan OJK inginkan itu berlaku secara bertahap. Kita sudah minta pendapat ke industri perbankan agar benar-benar bisa dilakukan. Kita inginkan proses ini berjalan dengan baik dan sekarang sedang proses finalisasi diharapkan akhir bulan atau awal bulan depan bisa selesai," imbuh dia.

Simak Video "Uang Miliaran Rupiah Raib, Nasabah Segel Kantor Unit Bank Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com