Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Jan 2020 19:00 WIB

Rekening Ilham Bintang Dibobol, Ini Pencegahannya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Rekening bank wartawan senior Ilham Bintang dibobol. Akibatnya, uangnya ratusan juta rupiah hilang.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho mengungkapkan untuk mengantisipasi pembobolan rekening bisa dimulai dari diri sendiri.

Masyarakat diimbau untuk memperhatikan cara penyimpanan data mulai dari username, password mobile banking hingga data nomor rekening yang dimiliki. Penggunaan password lebih baik menggunakan kombinasi angka, huruf, dan tanda baca.

"Selain itu jangan menyimpan data username atau password mobile banking kita di handphone atau dompet. Kalaupun takut lupa, bisa ditulis secara terbalik urutannya untuk mengelabui orang yang membobol. Tapi kita juga harus ingat ya," kata Andy saat dihubungi detikcom, Senin (20/1/2020).


Andy menambahkan, jika terjadi kehilangan dompet atau hp diharapkan segera menghubungi layanan contact center operator telepon dan bank penerbit yang dimiliki.

"Supaya langsung diblokir rekening tersebut," imbuh dia.

Selain itu, masyarakat juga diminta tetap waspada dan jangan memberikan data apapun kepada orang atau oknum yang mengaku dari pihak bank. Dia menyebut pihak bank dan operator tidak akan meminta kode yang dikirimkan ke nomor handphone.


Sebelumnya diberitakan SVP Corporate Communications & Financial Inclusion PT Bank Commonwealth Bayu Irawan menjelaskan saat ini siap proses membantu menyelesaikan masalah yang menimpa salah satu nasabahnya.

"Kami turut prihatin dengan kejadian yang dialami oleh bapak IB (Ilham Bintang) Kami siap membantu proses atau langkah selanjutnya yang diperlukan untuk mendapatkan kejelasan atas kejadian ini," kata Bayu dalam siaran pers.

Simak Video "Tanda SOS dan Kecurigaan Ilham Bintang Sebelum Rekening Terkuras"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com