Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Jan 2020 13:09 WIB

OJK Sebut Masalah di Industri Asuransi Masih Terbilang Kecil

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Agus Dwi Nugroho / 20detik
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan stabilitas sistem keuangan masih terjaga dan terkendali, meskipun ada masalah pada PT Asuransi Jiwasraya, AJB Bumiputera 1912, PT Asabri, PT Taspen dan PT Bank Muamalat Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan masalah yang terjadi pada industri asuransi masih dalam skala kecil jika dibandingkan dengan industri keuangan secara keseluruhan.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia 5%, tetapi memang di beberapa lembaga keuangan yang ada penanganan ini, size nya masih kecil di banding industrinya," kata Wimboh dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (2/1/2020).


Menurut dia hingga saat ini stabilitas sistem keuangan masih terjaga hal tersebut tercermin dari angka pertumbuhan kredit perbankan yang masih di angka 6,08%, meski menurun dari tahun 2018 yang mampu mencapai 11%.

Sebelumnya Komisi XI DPR RI resmi membentuk panitia kerja (panja) pengawasan industri jasa keuangan. Panja akan mengusut berbagai persoalan di industri jasa keuangan seperti Jiwasraya, Asabri dan Taspen.

Simak Video "Kejagung Buka Suara Soal Fee Broker Jiwasraya"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com