Alasan Panja DPR Panggil Orang Terkaya RI Terkait Kasus Jiwasraya

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 31 Jan 2020 13:21 WIB
Kantor Pusat Jiwasraya
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bakal memanggil salah satu orang terkaya di Indonesia, Dato Sri Tahir. Alasannya karena Bos Mayapada itu diduga memiliki hubungan dengan salah satu tersangka kasus Jiwasraya, yaitu Benny Tjokrosaputro (Bentjok).

Benny adalah Direktur Utama PT Hanson International Tbk (MYRX). Sebelumnya Benny merupakan komisaris utama perusahaan tersebut.

"Dari berbagai pembicaraan informal dengan teman-teman anggota Panja Komisi VI, ada ide untuk kita panggil Dato Sri Tahir ya karena kita membaca di berbagai media sosial kan ada yang mencoba menghubung-hubungkan Dato Sri Tahir ini dengan saudara Bentjok," kata Anggota Panja Komisi VI DPR Fraksi Gerindra Andre Rosiade saat dihubungi detikcom, Jumat (31/1/2020).

Atas dasar itu, Panja Komisi VI ingin mendapatkan informasi yang utuh dari orang yang bersangkutan. Informasi yang ingin digali adalah benar atau tidaknya kalau Tahir punya hubungan dengan Benny Tjokro yang terseret skandal Jiwasraya.

"Untuk itu, kan seluruh hal yang berhubungan dengan Jiwasraya tentu menjadi perhatian kita kan. Nah untuk itu kita ingin mendapatkan informasi yang lebih utuh dan klarifikasi. Makanya kita akan undang Dato Sri Tahir," jelasnya.

Panja Komisi VI pun akan segera mengadakan rapat internal pada pekan depan sebelum memanggil Tahir.

"Iya minggu depan, kita akan segera rapat panja. Tapi teman-teman pada setuju, gitu lho karena kita ingin menanyakan, mengklarifikasi langsung hubungan (Tahir dan Bentjok) itu," sebutnya.

Pemanggilan akan dilakukan sesegera mungkin setelah mencocokkan jadwal panja dan Tahir.

"Lebih cepat lebih baik, kita akan, kalau sudah disepakati kita akan minta segera. Nanti kan kita cocokkan jadwal kita dengan jadwal beliau (Tahir) kan," tambahnya.



Simak Video "Selain Jiwasraya, Bank Muamalat-Taspen Akan 'Dipelototi' Panja DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)