Ilham Habibie Dapat Restu Beli Bank Muamalat

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 04 Feb 2020 17:37 WIB
logo Bank Muamalat
Foto: Danang Sugianto-detikFinance
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merestui konsorsium Al Falah Investments Pte. Ltd. jadi investor PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

"Ini kan tinggal eksekusi, eksekusi itu proses-proses administrasi. Sudah ada (calon investor). Konsorsium Al-Falah," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso usai rapat kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2019).

Saat ini OJK sedang menyelesaikan kelengkapan informasi dan dokumentasi. Kapan investor itu bisa masuk?

"Ini kan proses kelengkapan informasi, dokumentasi, dan sebagainya. Tinggal eksekusinya. Secepatnya," ujar Wimboh.

Al Falah adalah perusahaan yang didirikan oleh putra mendiang Presiden BJ Habibie, Ilham Habibie. Konsorsium Al Falah sebelumnya pernah ditolak OJK.


Pada awal 2019 lalu, bank syariah tertua di Indonesia itu mengeluarkan prospektus rancangan akuisisi. Akuisisi ini mencakup 50,3% dari keseluruhan saham yang diterbitkan dalam Bank Muamalat. Adapun yang bakal mengakuisisi bank syariah tertua ini adalah Al Falah Investments Pte Limited.

Dalam alasan rencana akuisisi, Al Falah dijelaskan bermaksud untuk mengambil bagian sekitar 77,1% dari keseluruhan atas saham baru yang akan diterbitkan oleh Bank Muamalat dalam Penawaran Umum Terbatas, melalui pelaksanaan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang akan dimilikinya. Caranya dengan membeli HMETD dari pemegang saham Bank Muamalat tertentu saat ini dan/atau dengan berperan sebagai pembeli siaga dalam Penawaran Umum Terbatas Bank Muamalat.

"Al Falah dapat bertindak sebagai pembeli siaga bersama dengan pembeli siaga lainnya (jika ada) dalam Penawaran Umum Terbatas Bank Muamalat untuk secara sendiri-sendiri (tidak secara bersama) membeli saham yang tidak diambil bagian," bunyi keterangan tersebut.

"Al Falah adalah perusahaan yang dimiliki dan didirikan bersama oleh Bapak Ilham Akbar Habibie ("Ilham Habibie") dan CP5 Hold Co 2 Limited ("CP5"), perusahaan investasi yang secara tidak langsung dimiliki 100% oleh dana yang dikelola oleh SSG Capital Management Limited ("SSG") untuk tujuan berinvestasi di Bank Muamalat," demikian kutipan prospektus tersebut.

Saat ini, pemegang saham tunggal Al Falah adalah CP5. Al Falah sedang dalam proses perubahan komposisi pemegang saham di mana Ilham Habibie dan CP5 masing-masing akan memiliki sekitar 51% dan 49% kepemilikan saham di Al Falah.



Simak Video "Ilham Habibie Blak-blakan Politik Dinasti dan Nasib R-80"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/dna)