Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Feb 2020 17:38 WIB

Seberapa Besar Dampak Corona ke Pasar Keuangan RI, Ini Bocoran BI

Hendra Kusuma - detikFinance
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona. Seberapa Besar Dampak Corona ke Pasar Keuangan RI, Ini Bocoran BI. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Wabah corona yang terjadi di China tidak hanya mengancam sistem perdagangan nasional, namun juga pasar keuangan. Belakangan ini beberapa pasar keuangan sejumlah negara mulai terdampak. Termasuk Indonesia?

Bank Indonesia (BI) menilai pasar keuangan nasional sampai saat ini masih berjalan normal atau belum terdampak oleh virus corona yang menjadi sentimen baru.

"Kalau dampak ke pasar keuangan, rupiah masih stabil. Jadi jangan lihat sebagai resiko ya," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Dody juga menilai bahwa wabah corona yang belakangan ini terjadi tidak bisa dijadikan sebagai risiko permanen pada pasar keuangan. Pasalnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak stabil.

"Sebagai resiko jangan lihat ini permanen, masih terlampau singkat untuk menjadikan ini skenario pelemahan," ujarnya.


Dia juga bilang bahwa pemerintah China mengindikasikan penyebaran virus corona sudah mulai bisa dihentikan. Menurut Dody hal itu bisa menjadi sentimen positif bagi pasar keuangan.

"Sentimen ini belum mempengaruhi sih perdagangan global melambat maupun ekspor impor berkurang, kita masih belum langsung mengatakan ini berpengaruh besar dan kita meng-assume akan pulih dalam waktu cepat 3-6 bulan," ungkap dia.



Simak Video "Update Corona di RI Tembus 2.092 Kasus, 191 Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com