Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Feb 2020 15:18 WIB

Bunga Acuan BI Turun, Bank Mandiri Kapan?

Hendra Kusuma - detikFinance
Logo Bank Mandiri Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menyebut penyesuaian bunga kredit akan lebih cepat dibandingkan dengan deposito. Hal itu menyusul langkah Bank Indonesia (BI) yang menurunkan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate ke level 4,75% dari sebelumnya 5%.

Direktur Bank Mandiri, Silvano Rumantir mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan penyesuaian untuk suku bunga kredit perusahaannya.

"BI kan sudah nurunin, nah rumusnya kalau BI turun harusnya secara net interest margin perbankan juga turun, nah kalau bunga kredit biasanya akan lebih cepat transmisi," kata Silvano di gedung DPR, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Silvano menyebut untuk penyesuaian bunga deposito Bank Mandiri akan lebih lama lantaran dana yang dihimpun berbiaya murah atau current account saving account (CASA).

Meski demikian, dirinya belum mau menyebutkan target waktu penyesuaian bunga kredit dan deposito pasca BI menurunkan suku bunga acuannya.

"Kalau bunga deposito karena kita mayoritas struktur pendanaan kita adalah CASA, jadi kecepatan transmisinya penurunan suku bunga agak sedikit berbeda speed-nya," ungkap dia.

Bunga Acuan BI Turun, Bank Mandiri Kapan?


Simak Video "Uang Miliaran Rupiah Raib, Nasabah Segel Kantor Unit Bank Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com